PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA PEMBELJARAN PAI MODEL BORG & GALL (STUDI KASUS : KELAS X IPA 1 SMA LABSCHOOL JAKARTA)

NUNUNG SUPARWATI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA PEMBELJARAN PAI MODEL BORG & GALL (STUDI KASUS : KELAS X IPA 1 SMA LABSCHOOL JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Nunung Suparwati_4715131258.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran PAI yang monoton di kelas X IPA 1 SMA Labschool Jakarta sehingga membuat siswa jenuh dalam proses KBM. Hal ini mengakibatkan guru harus berinovasi mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap permainan ular tangga sebagai media pembelajaran PAI. Landasan teori pada penelitian ini berasal dari buku Strategi Pembelajaran ; Berorientasi Standar Proses Pendidikan oleh Wina Sanjaya, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif oleh Emzir, Media Pembelajaran oleh Cecep Kustandi dan Strategi Belajar Mengajar oleh Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg & Gall. Dalam proses pengembangannya terdapat tiga uji coba yaitu uji coba one to one, small group, dan field test. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 89,02%, hal ini menandakan bahwa media pembelajaran layak digunakan. The background of this research is the use of PAI monotonous learning media in class X IPA 1 SMA Labschool Jakarta to make students bored in the process of KBM. This has resulted in teachers having to innovate in developing learning media. This study aims to find out how to develop learning media and to know the response of students to the game of snakes ladder as a medium of learning PAI. The theoretical foundation of this research comes from the Book of Learning Strategy; Oriented Standards of Education Process by Vienna Sanjaya, Qualitative Quantitative Research Methodology by Emzir, Learning Media by Cecep Kustandi and Teaching Learning Strategy by Syaiful Bahri Djamarah and Aswan Zain. The research methodology used in this research is the research and development (R & D) model of Borg & Gall. In the development process there are three trials of one to one test, small group, and field test. The results obtained from this study is 89.02%, this indicates that the learning media worthy to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Rihlah Nur Aulia, MA 2) Dr. Amaliyah, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:50
Last Modified: 14 Apr 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26668

Actions (login required)

View Item View Item