PENINGKATAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV DAN AIDS PADA WANITA PENJAJA SEKS ONLINE (Studi Kasus Pada Peserta Program Layanan VCT di PKBI DKI Jakarta)

NENI SUGIARTI, . (2017) PENINGKATAN PERILAKU PENCEGAHAN HIV DAN AIDS PADA WANITA PENJAJA SEKS ONLINE (Studi Kasus Pada Peserta Program Layanan VCT di PKBI DKI Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Neni Sugiarti.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK Neni Sugiarti.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku pencegahan HIV dan AIDS pada wanita penjaja seks online, ditinjau melalui peserta program layanan Voluntary Counselling Testing (VCT) di PKBI DKI Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di PKBI DKI Jakarta dan di rumah informan RN, CC, dan ML. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 5 orang terdiri dari 3 WPS online sebagai subjek penelitian, dan 2 orang sebagai sumber untuk verifikasi data yaitu 1 pengelola program layanan VCT, dan 1 orang sebagai konselor VCT. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, diketahui latar belakang yang mempengaruhi informan menjadi WPS online adalah karena faktor ekonomi, trauma, dan gaya hidup. PKBI DKI Jakarta memiliki program layanan Voluntary Counselling Testing (VCT) yang bertujuan untuk mengetahui status HIV seseorang serta di lengkapi tahap konseling pra tes dan konseling pasca tes sehingga klien akan memperoleh informasi tentang HIV dan AIDS serta IMS dan arahan saat proses konseling sedang berlangsung. Oleh karena itu diharapkan WPS mau mengakses program layanan VCT serta dapat meningkatkan perilaku pencegahan HIV dan AIDS. This study aims to determine the increase in HIV and AIDS prevention behavior in online sex worker women, reviewed through Voluntary Counseling Service (VCT) program participants in PKBI DKI Jakarta. This research was conducted at PKBI DKI Jakarta and at home of RN, CC, and ML informants. The method used in this research is case study with qualitative approach. Informant of the study amounted to 5 people consisting of 3 WPS online as research subject, and 2 person as source for data verification that is 1 program manager of VCT service, and 1 person as VCT counselor. Data collection is done by using direct observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis is done by data reduction measures, data presentation, and conclusion or verification. Data validity technique used in this research is triangulation technique of data source. The results showed that, it is known that the background affecting informants to WPS online is due to economic factors, trauma, and lifestyle. PKBI DKI Jakarta has Voluntary Counseling Testing (VCT) program which aims to find out one's HIV status as well as complete pre-test counseling and post-test counseling so that client will get information about HIV and AIDS and STI and direction during counseling process in progress. Therefore, WPS is expected to access the VCT service program and can increase HIV and AIDS prevention behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Karta Sasmita, S.Pd, M. Si, Ph.D. 2). Dr. Anan Sutisna, M.P.d.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:58
Last Modified: 14 Apr 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26673

Actions (login required)

View Item View Item