PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII.D SMPN 92 JAKARTA

NUR ANISA ATMAJA, . (2017) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII.D SMPN 92 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nur Anisa Atmaja (4915131383).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui apakah penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII.D di SMPN 92 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 92 Jakarta semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 dari bulan Maret sampai bulan April 2017. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dikaji melalui penelitian lapangan yang berbentuk penelitian tindakan kelas sebagai refleksi penelitian dalam mengidentifikasi dan mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas VII.D. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.D SMPN 92 Jakarta. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70, nilai rata-rata siklus 2 sebesar 77, dan nilai rata-rata pada siklus 3 sebesar 84. Presentase ketercapaian KKM hasil belajar siklus 1 adalah sebesar 53%. Pada siklus 2 presentase ketercapaian hasil belajar siklus 2 adalah sebesar 75% dan siklus 3 Presentase ketercapaian ketercapaian KKM hasil belajar adalah sebesar 89%. Selain itu penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran IPS ini mampu meningkatkan kemampuan keaktifan siswa dalam hal bertanya, menjawab, berpendapat dan memecahkan masalah. This study aimed to find out whether the use of flannel board media can improve the learning outcomes of IPS students of class VII.D in SMPN 92 Jakarta. This research was conducted at SMP Negeri 92 Jakarta second semester of the 2016/2017 Lesson Year from March to April 2017. The method used is Classroom Action Research (PTK). This study was studied through field research in the form of classroom action research as a reflection of research in identifying and describing the improvement of student learning outcomes in IPS lesson in class VII.D. Based on the results of research, showed an increase in student learning outcomes class VII.D SMPN 92 Jakarta. The average value of student learning outcomes in cycle 1 of 70, the average value of cycle 2 of 77, and the average value in cycle 3 of 84. The percentage of achievement KKM learning cycle 1 is 53%. In cycle 2 the percentage of achievement of learning cycle 2 is 75% and cycle 3 The percentage of achievement of learning achievement KKM is 89%. In addition, the use of flannel board media in IPS learning is able to improve students' active ability in asking questions, answering, arguing and solving problems. Thus it can be concluded that the use of flannel board media can improve student learning outcomes of class VII.D SMPN 92 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Muhammad Muchtar, M.Si 2) Dr. Desy Safitri, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:59
Last Modified: 14 Apr 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26674

Actions (login required)

View Item View Item