NIA MOCHTYANA SHOFFI, . (2017) PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI KELAS INTERVENSI SEKOLAH SEGAR AMANAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Nia Mochtyana Shoffi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran interaksi sosial peserta didik autisme di kelas intervensi sekolah Segar Amanah Jakarta Timur dan dilaksanakan pada bulan November 2016. Subjek penulisan ini adalah siswa yang berinisial R dan S. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran di kelas intervensi sekolah segar amanah menggunakan kurikulum dengan sistem sentra, yang terdiri dari 6 sentra yaitu sentra bahasa dan sentra matematika (terapi wicara), sentra lingkungan hidup dan sentra sensoris (terapi okupasi), sentra moral religi dan sentra kecakapan hidup (terapi behavior) dimana pembelajaran dilakukan secara individual, serta tambahan kegiatan circle time dan exercise dimana pembelajaran dilakukan secara klasikal. Materi program pembelajaran dan media yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan melalui instruksi, pemodelan dan pelatihan (coaching), prompt, reward, punishment, dan tanya jawab. The research goalsis for know and describe about learning social interaction of autism learners in intervention class at school of segar amanah East Jakarta. The subject on this research is from student who name call R and S. The method used is descriptive method, with qualitative approachment research. To collect data do with observation, interview, and documentation study. The research can tell for make in planning, doing, and learning evaluation of intervention class of segar amanah school is use curriculum with centra system with consist of 6 centra, they are language centra and mathematics centra (speech therapy), living environment centra and sensory centra (occupation therapy), religious moral centra and life skills centra (behavior therapy) which learning doing by individual approachment, with additional activity called circle time and exercise which learning doing by classical approachment. The content of program and media be adapted with needs and characters of each learners. Learning method use by instructions, modelling and coaching, prompt, reward, punishment, and ask and answer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Nuraini P. M.Sp.Ed. 2). Leliana Lianti M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:08 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26679 |
Actions (login required)
View Item |