DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP, UKURAN, DAN PENGUKURAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 47 JAKARTA

NIA NUR RAHMANIA, . (2017) DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP, UKURAN, DAN PENGUKURAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS VII-5 SMP NEGERI 47 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Nia Nur Rahmania_3115121949_FMIPA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pemahaman dalam konsep, ukuran dan pengukuran sudut siswa kelas VII di SMP Negeri 47 Jakarta dinilai kurang lengkap, karena siswa hanya memahami sudut sebagai bentuk geometris dan belum memahami sudut sebagai rotasi dinamis. Siswa masih memiliki beberapa miskonsepsi dalam pemahaman konsep, ukuran, dan pengukuran sudut. Selain itu, siswa juga masih memiliki kesulitan dalam menggunakan busur derajat, terutama jika tidak ada sisi sudut yang letaknya horizontal maupun vertikal. Penelitian ini mengajukan pertanyaan bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran konsep, ukuran, dan pengukuran sudut dengan pendekatan PMRI di kelas VII-5 SMP Negeri 47 Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan teori pembelajaran lokal mengenai pengembangan kemampuan siswa dalam memahami konsep, ukuran, dan pengukuran sudut dengan menggunakan pendekatan PMRI di SMP Negeri 47 Jakarta. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII-5 SMP Negeri 47 Jakarta yang dipilih berdasarkan observasi dan hasil tes kemampuan awal mengenai konsep dan ukuran sudut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data adalah observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembe lajaran berlangsung, serta hasil kerja siswa pada Lembar Aktivitas Siswa (LAS) saat proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas-aktivitas yang telah dirancang dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa dalam membangun pemahaman konsep, ukuran, dan pengukuran sudut, serta menghapuskan miskonsepsi dalam pemahaman siswa mengenai konsep, ukuran, dan pengukuran sudut. Konteks yang digunakan dalam pembelajaran dapat membangkitkan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penggunaan model, hasil konstruksi siswa, serta peran guru di kelas dapat membimbing siswa dalam mengonstruksi pemahaman konsep, ukuran, dan pengukuran sudut. The seven-grade students' understanding about the concept of angle, angle measure, and angle measurement in SMP Negeri 47 Jakarta is considered incomplete. The reason is the students only understand the angle as a geometric shape, and have not understand the angle as dynamic rotation. The students still have some misconceptions in understanding the concept of angle, angle measure, and angle measurement. In addition, students also still have some difficulties in using a protractor, especially there are neither ray that is located horizontally nor vertically. This research asks the question how to develop learning tools about the concept of angle, angle measure, and angle measurement with PMRI approach in class VII-5 SMP Negeri 47 Jakarta. The aim of this research is to develop local instructional theory about the development of students' ability in understanding the concept of angle, angle measure, and angle measurement using PMRI approach in SMP Negeri 47 Jakarta. The subjects of this research were 6 students of class VII-5 SMP Negeri 47 Jakarta selected based on observation and the results of pre-test about angle's concept and angle measure. This research is a descriptive research. The data collected by the observation to know the student activity when the learning process lasted, and students' written works on the worksheet (LAS) during learning process to know the student ability. The results from the data analysis give some conclusions that the activities have been designed using PMRI approach can help the students in building the concept of angle, angle measure, and angle measurement comprehension, and eliminating misconception in the students' understanding about the concept of angle, angle measure, and angle measurement. The context used can generate students' enthusiasm in learning activities. The use of models, student construction, and the role of teachers in the classroom can guide students in constructing an understanding of angle's concept, angle measure, and angle measurement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anton Noornia, M.Pd. 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:11
Last Modified: 14 Apr 2022 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item