SAFRIELANITA DEYAWARDANI, . (2016) DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) BERBANTUAN PROGRAM GEOGEBRA MATERI JARAK PADA DIMENSI TIGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X IIS SMAN 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi.pdf Download (6MB) |
Abstract
Dimensi tiga merupakan salah satu materi geometri dalam pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh siswa dalam visualisasi atau pengambaran bentuknya. Belum lagi dalam mencari jarak pada dimensi tiga dibutuhkan kemampuan pemahaman yang cukup dan visualisasi yang benar. Hal itu menyebabkan langkah atau pencarian jarak pada dimensi tiga siswa sering terjadi kesalahan. Selain itu, siswa yang kurang menyadari bentuk bangun ruang atau dimensi tiga di sekitar lingkungannya pasti akan mengalami kesulitan dalam menemukan jarak pada dimensi tiga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan model STAD berbantuan program Geogebra untuk materi jarak pada dimensi tiga di kelas X IIS SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IIS 4 SMA Negeri 30 Jakarta pada akhir bulan April hingga awal bulan Mei 2016, selama tiga hari. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, fase persiapan dan desain, fase eksperimen mengajar, dan fase analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari hipotesis lintasan belajar, lembar aktivitas siswa, dan catatan lapangan. Validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas internal dan eksternal, begitu juga dengan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas internal dan eksternal. Aktivitas di kelas menggunakan konteks jarak minimum yang kemudian dihubungkan dengan konsep jarak pada dimensi tiga. Siswa dapat memperoleh gambaran bentuk bangun ruang dengan menggunakan program Geogebra dan siswa dapat memperoleh beberapa cara dalam menemukan jarak pada dimensi tiga. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, konteks yang digunakan dapat menanamkan pemahaman konsep siswa mengenai jarak pada dimensi tiga, sedangkan pada materi jarak antara titik dan titik dibutuhkan konteks agar siswa dapat lebih mudah memahami konsep dengan baik. Secara keseluruhan penggunaan konteks dan model yang tepat serta peran aktif siswa dan guru dalam pembelajaran dengan model STAD berbantuan program Geogebra dapat mengarahkan siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep dan cara dalam materi jarak pada dimensi tiga. Three dimensions is one of the geometry in the study of mathematics is often considered difficult by students in visualization form. Yet in finding the distance on three dimensions required the ability of understanding and visualization. It causes the search steps or distance on the dimensions of the three students is often an error occurred. In addition, students who are less aware of the shape of the three-dimensional space or wake up around their surroundings will inevitably experience difficulties in finding the distance in three dimensions. Therefore, this research aims to develop a model program assisted STAD Geogebra for material distance on three dimensions in class X SMA Negeri 30 Jakarta. This research was carried out in classes X IIS 4 SMA Negeri 30 Jakarta in end of April until first week on May 2016, for three days. This research method using design research consisting of three phases, namely the cyclic phases of preparation and design, experimental teaching, phase and phase analysis of retrospective. Instruments used on this research consist of a learning trajectory hypothesis, student activity sheets, and a note field. The validity of that used in this research is the internal and external validity, so also with the reliability using internal and external reliability. Activities in the classroom using the context of the minimum distance that is then associated with the concept of distance in three dimensions. Students can obtain a description of the shape of the wake up space using the Geogebra program and students can get some way to find the distance in three dimensions. Based on the results of a retrospective analysis, context being used can impart an understanding of the concept of students about distance in three dimensions, while the material distance between the point and the point it needs context so that students can more easily understand the concept well. Overall use of the context and the exact model as well as the active role of students and teachers in learning with model-assisted program Geogebra STAD can direct the student in developing an understanding of the concept and the way in the material distance on three dimensions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Utami, M.Pd 2) Med Irzal, M.Kom |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:20 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 06:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26686 |
Actions (login required)
View Item |