PENGARUH PENDEKATAN BEHAVIORAL POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Single Subject Research di SLB BC Cempaka Putih Kelas II SD)

MUHAMMAD ARIEF, . (2018) PENGARUH PENDEKATAN BEHAVIORAL POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Single Subject Research di SLB BC Cempaka Putih Kelas II SD). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Muhammad Arief (1335140074).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan behavioral positive reinforcement terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita ringan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas II SDLB Cempaka Putih Jakarta Pusat. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research dengan menggunakan desain A-B-A. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis visual kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan behavioral positive reinforcement memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas II di SLB BC Cempaka Putih Jakarta Pusat. Sehingga pendekatan behavioral positive reinforcement dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tri Sediyani, M.Pd 2) Marja M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 09 Jan 2020 14:17
Last Modified: 09 Jan 2020 14:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item