PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA KELAS XI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA

SEFTY LAELA HIDAYAH, . (2017) PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA KELAS XI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL_SEFTY_LAELA_H.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk (1) memperoleh informasi tentang kebutuhan guru dan siswa terhadap sumber belajar siswa berupa e-Module kimia, (2) mendapatkan saran dan masukan dari para ahli materi, bahasa dan media terhadap pengembangan e-Module, (3) mendapatkan saran dan masukan dari guru dan siswa terdahap pengembangan e-Module, (4) memperoleh produk berupa e-Module kimia pada materi termokimia dan mendapatkan dokumen untuk disebarluaskan melalui flasdisk dan dropbox. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) analisis pendahuluan dan kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan e-Module, (4) validasi e�Module oleh ahli materi, bahasa dan media, (5) revisi, (6) uji coba e�Module skala kecil, (7) revisi, (8) uji coba e-Module skala besar, (9) revisi akhir e-Module. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 42 Jakarta dan lima guru. Pengembangan e-Module termokimia dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D PageFlip Professional 1.7.7. Instrumen yang digunakan diadopsi dari instrumen penilaian buku teks pelajaran kimia SMA/MA oleh Puskurbuk dalam BSNP. Hasil penelitian diperoleh persentase dengan rentang nilai 81,5-84% yang menunjukkan e-Module mendapat respon positif dari siswa. Selain itu, e-Module mendapat respon positif dari guru dengan persentase rentang nilai 80-92,5%. Hasil validasi oleh ahli juga menunjukkan persentase rentang nilai 75-95% yang menyatakan “baik” karena telah memenuhi deskripsi kelayakan e-Module. This is a sort of Research and Development (R&D) that aim to (1) Gaining information about teachers and students necessity for learning resources chemistry e-Module, (2) Obtaining suggestion and recommendation from material, language, and media experts about e-Module development, (3) Obtaining suggestion and recommendation from teachers and students about e-Module development, (4) Acquiring chemistry e-Module’s product for Thermochemistry and having documents to be disseminated through flashdisk and dropbox. The steps for this research is: (1) Preliminary and Necessity Analysis, (2) Planning, (3) e-Module Development, (4) Validating e-Module by material, language, and media experts, (5) Revision, (6) e-Module Tiny Scale Trials, (7) Revision, (8) e-Module Large Scale Trials, (9) e-Module Final Revision. Subjects Research is 42 State Senior High School of Jakarta (SMAN 42 Jakarta) students and five teachers. Development of e-Module Thermochemistry is created using the application 3D PageFlip Professional 1.7.7. Instruments for this research was adopted from Assessment Instrument SMA/MA Chemistry Lesson Textbook by Puskurbuk BSNP. This Research gain 81,5-84% range value percentage, showing that e-Module having a positif respond from students. Moreover, e-Module having a positif respond from teachers with 80-92,5% range value percentage. Validation from the experts showing 75-95% range value percentage with “good” statement because it was already fullfilling descryption of e-Module properness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muktiningsih, M.Si 2) Yuli Rahmawati, M.Sc.,Ph.D
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:59
Last Modified: 14 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26704

Actions (login required)

View Item View Item