PENGARUH KEGIATAN BERMAIN UBLEG TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di TK RA Al-Ihwan, Jakarta Timur)

NOFIE NURAINI, . (2017) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN UBLEG TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Studi Eksperimen di TK RA Al-Ihwan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NOFIE NURAINI_1615125916.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh kegiatan bermain ubleg terhadap keterampilan motorik halus anak usia 4 – 5 tahun yang merupakan anak Kelompok A. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al – Ihwan, di Jl. Nekpeti No. 67 Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain randomized control group pre test – post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 4 – 5 tahun yang merupakan anak kelompok A di RA Al – Ihwan Jati. Sampel penelitian adalah anak usia 4 – 5 tahun kelompok A di RA Al – Ihwan Jati, Jakarta Timur yang berjumlah 30 orang anak, yaitu 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Adapun sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi dan tes keterampilan motorik halus anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Pelaksanaan observasi dan tes dilakukan pada kedua kelompok penelitian pada hari yang sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil pengujian menunjukkan = 2,41 lebih besar dari = 1,70; artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah kegiatan bermain ubleg berpengaruh signifikan terhadap keterampilan motorik halus anak usia 4 – 5 tahun yang merupakan anak kelompok A RA Al – Ihwan, Jakarta Timur. Implikasi dari penelitian ini adalah guru perlu mengoptimalkan keterampilan guru mengoptimalkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan bermain ubleg. Ubleg dapat menjadi media pembelajaran alternatif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang menarik perhatian anak, dan menyenangkan bagi anak. Selama kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ubleg, anak-anak sangat antusias dalam melakukan kegiatan tersebut. This research was purposed to obtain an empirical data about the effect of oobleck activities towards fine motor skills in children aged 4 – 5 years children who are the group A. This research was conducted in RA Al-Ihwan, at Jl. Nekpeti Number 67 Jati, Pulo Gadung, East Jakarta. This research is using experimental methods, with randomized control group pre test – post test design. The population in this study were all children aged 4 -5 years who were students of group A in RA Al-Ihwan Jati. The sample is 4 – 5 years old children who were 30 children in sum, 15 children are in experiment group, and 15 others are in control group. The sample is taken by using simple random sampling technique. The data collection technique using observation methods of children fine motor skills before (pre test) and after the treartments are given (post test). The observation and test performed research on two group in the same day. Researchers using t-test for examine data analysis. The test showed = 2,41> = 1,70; which means H0 rejected and H1 accepted. This the conclusion is the using of oobleck activities towards fine motor skills in children aged 4 – 5 years who were students group A in RA Al-Ihwan, East Jakarta. The implication is teachers needs to optimize the children fine motor skills by oobleck activities can be alternative learning media to use in learning activity which able attractive chldren interest an fun for them. While the learning activity held by using oobleck. Children are very enthusiastic in doing these activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, MM, M.Pd. 2). Lara Fridani, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:03
Last Modified: 14 Apr 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26705

Actions (login required)

View Item View Item