PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI (GADGET) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 6-7 TAHUN (Studi Ex Post Facto di Kampung Bakti, Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat)

NOVALIA PRATIWI, . (2017) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI (GADGET) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 6-7 TAHUN (Studi Ex Post Facto di Kampung Bakti, Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NOVALIA PRATIWI 2017.PDF

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Ex-Post Facto ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh intensitas penggunaan gawai terhadap minat belajar anak usia 6-7 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 anak yang menggunakan gawai. Pengambilan sampel menggunakan sampling kuota. Metode yang digunakan adalah Ex-Post Facto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan UjiT dua sampel Independen. Hasil pengujian hipotesis dihasilkan Thitung -0,98 < Ttabel 2,05 menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, yang berarti terdapat pengaruh intensitas penggunaan gawai terhadap minat belajar anak usia 6-7 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah semakin tinggi intensitas penggunaan gawai akan berdampak pada minat belajar anak rendah. Untuk mencegah terjadinya penggunaan gawai yang intens, maka diperlukan upaya orang tua, guru, serta lingkungan sekitar untuk memberikan batasan dan pengawasan dalam penggunaan gawai ke anak serta memberi arahan penggunaan gawai menjadi positf seperti menjadikan media pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. This Ex-post Facto research was intended to find empirical data about influence of intensity of using gadget on interest in learning of 6-7 years old children. The sample of this research were 30 children who using gadgets. The technique of getting the sample was quota sampling. Research method was Ex-Post Facto. Data were collected through questioner and analyzed by Independent two sampling T-test. The result of hypothesis test Tcount -0,98 < Ttable 2,05 showed H0 was accepted and Ha was rejected, in which there was influence of intensity of using gadget on interest in learning of 6-7 years old children. The implication of the research was the higher intensity of using gadget , will have an impact on children's learning interest is low. So, to prevent of the intense using gadget, it would be require the efforts of parents, teachers, and the around environment to provide of limits and over control in the using gadget to children and guide using gadget into positive such as make fun learning media for children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, S.Pd., M.Pd. 2). Lara Fridani, Ph. D.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Apr 2022 04:19
Last Modified: 17 Apr 2022 04:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item