MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI BERMAIN PASIR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Dian Kahuripan, Jakarta Timur)

NOVI INDRIYANI, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI BERMAIN PASIR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Dian Kahuripan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI (NOVI INDRIYANI).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan melalui bermain pasir pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB C Dian Kahuripan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 3 siswa. Pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa mencapai rata-rata 51,6% pada siklus I melalui bermain pasir, selanjutnya keterampilan menulis siswa mencapai rata-rata 76% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa bermain pasir dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Dengan demikian, guru dapat menerapkan kegiatan bermain pasir untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan khususnya dalam materi konsep bentuk huruf The aim of this research is to improve the writing skill of the beginning by playing sand on of the class III students of mild intellectual disabilities at SLB C Dian Kahuripan.This research method uses classroom action research conducted with two cycles that each cycle consists of planning, action implementation, observation and reflection. Subjects in this study were third grade students who numbered 3 students. Data collection is in the form of test and observation.The results showed that students' writing skill achieved an average of 51.6% in cycle I through sand play, then writing skill of students reached 76% average in cycle II. This shows that playing sand can improve the writing skill of the beginning. Thus, the teacher can apply sand play activities to improve the writing skill of the beginning especially in the matter of form letter concept.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M.Pd. 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 00:45
Last Modified: 18 Apr 2022 00:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26715

Actions (login required)

View Item View Item