PENGARUH SUHU DAN WAKTU FEEDING DALAM SINTESIS BESI BERVALENSI NOL (ZVI) DARI FeSO4 DENGAN EKSTRAK POLIFENOL KULIT PISANG KEPOK

AFIF AMINULLAH AFIANSYAH, . (2015) PENGARUH SUHU DAN WAKTU FEEDING DALAM SINTESIS BESI BERVALENSI NOL (ZVI) DARI FeSO4 DENGAN EKSTRAK POLIFENOL KULIT PISANG KEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-Affif Aminullah Afiansyah-3325110142.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Metode sintesis bottom-up yang digunakan pada penelitian ini adalah metode reduksi garam logam. ZVI disintesis dengan mereaksikan FeSO4 0,5 M dan polifenol dalam perbandingan komposisi 4 : 1 serta waktu reaksi selama 1 jam dalam kondisi pengadukan yang tetap 250 rpm serta adanya pengaruh dari suhu reaksi dan waktu feeding. Polifenol yang digunakan merupakan hasil ekstraksi dari kulit pisang kepok dengan pelarut organik yaitu air, kloroform dan etil asetat. Hasil analisis FTIR terhadap ZVI hasil reaksi reduksi dari polifenol menunjukan bahwa pada bilangan gelombang 600 cm-1 terdapat ikatan Fe-O yang menunjukan terbentuknya Fe hasil sintesis. Hasil analisis distribusi ukuran partikel PSA menunjukan bahwa suhu dan waktu feeding optimum pada sintesis ZVI berada pada suhu ruang 250C dan waktu feeding 30 menit. Analisis morfologi SEM dan EDX menunjukan bahwa ZVI yang dihasilkan seperti butiran-butiran kecil berbentuk bola dengan ukuran yang masih sangat heterogen dan saling menempel atau teraglomerasi dan dikonfirmasi adanya atom Fe, O, S dan C sebagai penyusunnya. Analisis XRD menunjukan bahwa pada ZVI hasil sintesis terdapat persentase besi 3,7 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setia Budi, M.Sc ; 2). Dr. Yusmaniar, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:08
Last Modified: 19 Apr 2022 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26727

Actions (login required)

View Item View Item