UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN (MODEL ELICITING ACTIVITIES) MEAs DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX-2 SMPN 216 JAKARTA

AI MEGAWATI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN (MODEL ELICITING ACTIVITIES) MEAs DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX-2 SMPN 216 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II AI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB III A1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV A1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I AI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V A1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
JMAP AI MEGAWATI.pdf

Download (520kB)
[img] Text
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Lampiran, Daftar Gambar.pdf

Download (195kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (73kB)

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika sekolah, tidak hanya untuk mengajarkan berhitung, tetapi agar siswa dapat mengasah kemampuan berpikir yang cermat, logis, kritis dan kreatif. Pemecahan masalah merupakan bagian penting dari kurikulum matematika karena memungkinkan siswa memperoleh pengalaman menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang telah dimilikinya. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan pembelajaran pendekatan MEAs dengan model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan, observasi/pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan September hingga Oktober 2014 di kelas IX-2 SMP Negeri 216 Jakarta tahun ajaran 2014/2015. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yang merupakan tahapan pembelajaran dengan model STAD, yaitu penyajian materi, diskusi kelompok, kuis dan penghargaan. Ketika berdiskusi kelompok, aktivitas yang digunakan menggunakan pendekatan MEAs. Aktivitas pada pendekatan MEAs merupakan aktivitas pembelajaran yang menjelaskan cara berpikir siswa, membangun kegiatan pemodelan matematik, pertanyaan terbuka dan nyata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah secara keseluruhan langkah baik dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali. Rata-rata ketuntasan siswa dalam seluruh aspek langkah pemecahan masalah pada tes akhir siklus I adalah 59.54%, pada siklus II 79.78% dan pada siklus III 90%. Kesimpulan dari penelitian ini, (1) Menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan MEAs. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara keseluruhan mengalami pertumbuhan maksimal pada kelompok akademik tinggi dan sedang, sedangkan kelompok akademik rendah belum mencapai maksimal, (2) Peran siswa kelompok akademik tinggi cenderung mendominasi dan memimpin jalannya diskusi kelompok, sedangkan peran kelompok akademik sedang menjadi teman bertukar pikiran dengan kelompok akademik tinggi dengan sesekali memimpin jalannya diskusi kelompok. Peran siswa kelompok akademik rendah cenderung diam, mendengarkan dan bertanya, sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa ini lebih statis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anton Noornia, M.Pd ; 2). Dra. Suprakarti, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:17
Last Modified: 19 Apr 2022 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26732

Actions (login required)

View Item View Item