PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PLANTAE DI SMA NEGERI 42 JAKARTA

AJENG BUDI ANGGREINY, . (2015) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PLANTAE DI SMA NEGERI 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian (ekstrovert-introvert) dan gaya belajar (visual, audiotori, dan kinestetik) terhadap hasil belajar pada materi plantae siswa SMA Negeri 42 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun pelajaran 2014/2015. Desain yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 3, dengan variabel bebasnya kepribadian dan gaya belajar, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar kognitif siswa. Jumlah sampel sebanyak 104 siswa kelas X MIA. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepribadian dan gaya belajar dari Quantum teaching, sedangkan hasil belajar didapat dari tes kognitif. Analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kepribadian terhadap hasil belajar kognitif, hasil belajar kognitif siswa ekstrovert lebih tinggi dibandingkan siswa introvert, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif, antara siswa yang bergaya belajar visual, audio maupun kinestetik, (3) tidak terdapat interaksi antara kepribadian dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa This research purpose to identified corelation of personality (exstrovert- introvert) and learning style (visual, auditori, and kinestetic) toward cognitive learning outcome to plantae subject for Senior High School 42 Jakarta student. This research The research was conducted in the second semester of 2014/2015. The design used was a 2 x 3 factorial design, with independent variables of personality and learning style, while the associated variable cognitive learning outcomes of students. The total sample of 104 students of class X MIA. Sampling by simple random sampling system. The instrument used in this research is the personality and learning style of Quantum teaching, while the result of study used from cognitive learning test. Analysis data used is the analysis variance of two ways. The results showed: (1) there is the influence of personality on the cognitive learning outcome, cognitive learning outcomes of extrovert students is higher than introvert students, (2) there is no difference between visual, audio and kinestetic students learning style, (3) there is no interaction between personality and learning style of the student learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti, M.Si. ; 2). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:24
Last Modified: 19 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26737

Actions (login required)

View Item View Item