PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

SHYNTA FELICIA SOUHOKA, . (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Shynta Felicia_3415133088.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Biologi merupakan pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam. Pelaksanaan pembelajaran biologi dapat dilaksanakan melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) yang merupakan salah satu bentuk alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas yang menitik-beratkan pada kemampuan berpikir siswa, sehingga dapat tercapai hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian post-test only control group design. Jumlah sampel sebanyak 64 siswa kelas XI IPA. Sampel diambil dengan purposive sampling pada kelas XI yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Data yang digunakan adalah rata-rata skor hasil belajar kognitif. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji F. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis dengan uji t independen pada α = 0,05 diperoleh angka sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < sig. α sebesar 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Biology Learning is an application-oriented education, the development of thinking ability, learning ability, curiosity, and the development of caring and responsible attitude towards the natural environment. Implementation of biology learning can be done through thinking ability learning strategy improvement (SPPKB) which is one by alternative form of learning strategy that can be applied in class focusing on student's thinking ability, so that good learning outcomes can be achieved. This research was aimed the effect of thinking ability learning strategy improvement (SPPKB) on students learning outcomes in coordination system material. This research was conducted at SMA Negeri 11 Depok Academic Year 2016/2017. The method used was quasi experimental method with post-test only control group design. The number of samples were 64 students of class XI IPA. The sample was taken by purposive sampling in class XI which was divided into 2 classes namely experiment and control. Data used were the average score of cognitive learning outcomes. Before the hypothesis test was done prerequisite test was conducted on the data normality test using Kolmogorov-Smirnov test and homogeneity test using F test. Meanwhile, hyphothesis testing done by independent t-test at α = 0,05 result was sig.(2-tailed) < sig.α at 0,000 < 0,05. It can be concluded that there is the effect of thinking ability learning strategy improvement (SPPKB) on students learning outcomes in the material coordination system material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Refirman Dj., M.Biomed 2) Sri Rahayu, M.Biomed.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:21
Last Modified: 18 Apr 2022 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26738

Actions (login required)

View Item View Item