PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DENGAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW)

SITI KHAIRUNISA, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DENGAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_SITI KHAIRUNISA_3315122113_Pend.Kimia 2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran kimia pada materi asam basa dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Penelitian ini dilakukan pada Desember 2015 sampai Juni 2016 di SMA Negeri 2 Bekasi dan SMA Negeri 5 Bekasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan guru Kimia SMA. Modul yang dikembangkan dikaji oleh tim ahli (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan strategi PQ4R yang memiliki 6 langkah yaitu Preview (membaca selintas dengan cepat), Question (bertanya), Read (membaca), Reflect (refleksi), Recite (tanyajawab sendiri), dan Review (mengulang secara menyeluruh). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner analisis pendahuluan dan kebutuhan, lembar kuesioner uji ahli, serta lembar kuesioner uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia pada materi asam basa dengan strategi PQ4R sudah sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal ini didukung dari hasil validasi materi, bahasa, dan media yang memenuhi kriteria baik sampai sangat baik, serta hasil uji lapangan pada guru dan siswa yang memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan data-data dan hasil analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia pada materi asam basa dengan strategi PQ4R yang dihasilkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muktiningsih, M.Si 2) Drs. Sukro Muhab, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:32
Last Modified: 18 Apr 2022 01:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26743

Actions (login required)

View Item View Item