PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MINIATUR SISTEM LISTRIK RUMAH TANGGA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

SITI MARIAH, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MINIATUR SISTEM LISTRIK RUMAH TANGGA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.cover_9.Daftar Riwayat hidup.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berupa miniatur sistem listrik rumah tangga sebagai media pembelajaran fisika di SMA telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan sebagai inovasi media pendukung pembelajaran fisika berupa media pembelajaran berupa miniatur sistem listrik rumah tangga dalam pembelajaran listrik dinamis, khususnya pada pokok pembahasan energi dan daya listrik. Penelitian ini menggunakan metode development research, dengan langkahlangkah pengembangan: (1) melakukan analisis miniatur sistem listrik rumah tangga yang akan dikembangkan, (2) pengembangan media awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan atau kelayakan, (5) desiminasi dan implementasi. Penelitian dan pengujian alat peraga dilakukan di Laboratorium Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta dan SMA Negeri 1 Caringin. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli (expert review) dan responden uji lapangan (field test). Dari penelitian yang dilakukan media diuji cobakan kepada ahli media pembelajaran, ahli materi fisika, guru, serta tanggapan siswa terhadap media yang dibuat. Instrumen uji coba berupa angket rating scale dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan skala Likert dengan pilihan skor 1-5. Diperoleh hasil uji validasi terhadap ahli media sebesar 88%, ahli materi sebesar 86%, guru fisika 90% dan hasil uji coba media pembelajaran terhadap siswa adalah sebesar 84% yang diinterpretasikan sangat baik. Jadi,Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa miniatur sistem listrik rumah tangga dapat digunakan sebagai Media pembelajaran Fisika untuk siswa SMA. Development of instructional media in the form of miniature household electrical system as physics learning media in high school has been done. This research was conducted as an innovative media learning support in the form of a medium of learning physics miniature household electrical system in teaching electrical dynamic, especially on the subject of energy and power. The research methods is research and development, the development steps: (1) conduct analysis of miniature household electrical system be developed, (2) the first development of media, (3) expert validation and revision, (4) a field trial or eligibility, ( 5) dissemination and implementation. Research and testing of media conducted at the Laboratory of Physics, Science Faculty, State University of Jakarta and 1 Senior High School in Caringin Bogor. The respondents of this research was the respondents expert (expert review); and field test respondents (field test teacher and student responses to the media that have been made). Instrument pilot rating scale questionnaire form with data analysis techniques are used using a Likert scale calculations with a score of 1-5 choices. The result of validation by media experts are 88%, physics experts are 86%, teacher are 90% and the result of media from the students are 84% that interpreted very good. So, The conclusion of this research is physics learning media in the form of miniature household electrical system can be used as physics learning media in high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof.Dr.I Made Astra,M.Si 2) Dr. Esmar Budi, M.T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:50
Last Modified: 18 Apr 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item