PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM HORMON

ANGGI DYAH ARISTI, . (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM HORMON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI SKRIPSI(1)(1).pdf

Download (93kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20kB)
[img] Text
32. LAMPIRAN Dokumentasi Penelitian.pdf

Download (441kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (114kB)

Abstract

Kemampuan berpikir merupakan salah satu modal penting yang harus dimiliki setiap orang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Salah satu kemampuan berpikir yang penting adalah kemampuan berpikir kritis. Penerapan berbagai model pembelajaran yang merangsang aktifitas berpikir dapat digunakan sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan salah satu model pembelajaran yang meningkatkan aktifitas berpikir mahasiswa melalui proses pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBM terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa Biologi pada materi Sistem Hormon. Penelitian dilakukan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Jakarta pada bulan Februari – Mei 2015. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel sebanyak 58 mahasiswa Pendidikan Biologi yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi Sistem Hormon. Data yang digunakan adalah gain score, yang merupakan selisih dari nilai posttest dan prestest. Uji prasyarat adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F. Berdasarkan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji F, data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dan didapatkan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05) maka tolak H0 pada α = 0,05 yang berarti penerapan model PBM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa Biologi pada materi Sistem Hormon Thinking ability is a very important asset that should be owned by everyone to resolve their problems. One of the important thinking ability is critical thinking ability. Implementation of various learning models that stimulate student thinking activity can be used as an alternative solution to improve critical thinking ability. Problem Based Learning Model (PBL) is a learning model that increases student thinking activity through problem- solving process.The objective of this research was to identify the effect of PBL Model towards critical thinking ability of Endocrine System on Biology college student. This research was held in Biology Department of State University of Jakarta in February – May 2015. The method of this research was quasi experiment with pretest-posttest control group design. Sample were 58 Biology college students which selected by simple random sampling. Instrument used was a multiple choice critical thinking test in Endocrine System. The data taken was a gain score, a difference between posttest and prestest score. The analyzed prerequsite test used were normality test using Kolmogorov-Smirnov test, and homogenity test using F-test. According to Kolmogorov-Smirnov and F-test, data was normally distributed and homogenus. The hypothesis test with t-test showed that p value < 0,05 (0,000 < 0,05), so null hypothesis was rejected at α = 0,05. It showed that PBL model effected towards critical thinking ability of Endocrine System on Biology college student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M.Biomed ; 2). Drs. Refirman DJ., M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:59
Last Modified: 19 Apr 2022 05:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26757

Actions (login required)

View Item View Item