PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA “MATAHARI SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN” UNTUK SISWA SMA

SONYA DEWI PRATIWI, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA “MATAHARI SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN” UNTUK SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - SONYA DEWI PRATIWI (3215133245) - FMIPA PENDIDIKAN FISIKA UNJ.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan fisika dengan judul “Matahari Sebagai Sumber Energi Terbarukan” untuk siswa SMA. Buku pengayaan tersebut dibuat dengan menghubungkan ilmu pengetahuan sains khususnya di bidang fisika dan teknologi yang berkaitan dengan sumber energi terbarukan matahari dengan memuat gambar-gambar atau ilustrasi yang dapat mendukung dan memperjelas isi materi yang disampaikan. Selain itu, dalam setiap bab terdapat beberapa komponen yang memuat informasi tambahan seperti “Orang Hebat” dan “Ternyata”, pertanyaan dalam komponen “Kalau Bisa, Keren!”, maupun permainan dalam komponen “Alfabet” yang dapat menarik minat siswa dalam membaca buku tersebut. Dalam setiap bab juga terdapat “Intisari” sebagai rangkuman dari materi yang dibahas dalam setiap bab. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi adalah80,6%, ahli media 89,7%%, ahli pembelajaran 89%, dan ahli grafika 81,25% dengan interpretasi “sangat baik”. Uji lapangan melalui angket siswa terhadap buku pengayaan mendapat persentase rata-rata sebesar 79,74% dengan interpretasi “baik”. Berdasarkan uji kelayakan dan uji lapangan dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan pengetahuan “Matahari Sebagai Sumber Energi Terbarukan” dinyatakan layak menjadi buku pengayaan pengetahuan sebagai bahan ajar pengayaan fisika siswa SMA. This study aims to produce a science enrichment book, designed and titled "Matahari Sebagai Energi Terbarukan" for high school students. This enrichment book is made by connecting science especially in physics and technology related to solar sources as renewable energy, which uses pictures and illustrations that can support and clarify the content of materials submitted. In each chapter, there are some components that contain additional information by “Orang Hebat” and “Ternyata”, a questionable component by “Kalau Bisa, Keren!”,and also a game component by “Alfabet” that can interest students in reading the book. Besides, at the end of each chapter there are discussions reviewed, of the components called “Intisari”. The result of feasibility study by material experts is 80,6%, media experts is 89,7%, learning experts is 89%, and graph experts is 81,25, with all interpretations are “excellent”. Field test by student’s questionnaire of the book results obtained percentation 79,74% with “good” interpretation. Based on feasibility test and field test can be conclude that knowledge enrichment book “Matahari Sebagai Sumber Energi Terbarukan” was qualified as enrichment book for physics in high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Drs. Siswoyo, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:23
Last Modified: 18 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26775

Actions (login required)

View Item View Item