PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS ANAK USIA 6-8 TAHUN (Studi Kualitatif di Perumahan Islamic Village, Tangerang)

NOVIA FIORENTINA, . (2016) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS ANAK USIA 6-8 TAHUN (Studi Kualitatif di Perumahan Islamic Village, Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Novia Fiorentina.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius anak usia 6-8 tahun, di Perumahan Islamic Village, Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara catatan anekdot, alat perekam suara wawancara demean orang tua di Perumahan Islamic Village Tangerang, dan alat dokumentasi berupa kamera untuk merekam perilaku subjek yang muncul. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman melalui reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil penelitian bentuk peranan yang dilakukan oleh orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius pada anak di Perumahan Islamic Village, Tangerang yaitu : (1) Implementasi orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius pada anak adalah dengan menerapkan unsur-unsur disiplin berupa penerapan peraturan keluarga, pemberian sanksi ketika anak melanggar peraturan yang berlaku dalam keluarga, pemberian apresiasi berupa penghargaan pada anak sebagai bentuk penguatan atas perilaku anak yang dianggap baik, dan penanaman nilai-nilai religius dilakukan secara konsisten dan penuh kesabaran, (2) Strategi yang dilakukan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius pada anak adalah dengan memberikan penjelasan pada anak tentang pentingnya beribadah, membangun konsep agama melalui buku bacaan, mengajak anak untuk salat berjamaah, menghimbau anak untuk salat lima waktu dan tidak menundanunda waktu salat, memberikan suri tauladan yang baik, membiasakan anak untuk membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengajarkan nilai-nilai akhlak pada anak, juga mengikutsertakan anak mengenyam pendidikan di lembaga berbasis agama, (3) Tingkat pendidikan orang tua, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana yang memadai menjadi faktor pendukung orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religius pada anak, serta terdapat kendala yang dihadapi orang tua diantaranya kesibukan orang tua, pesatnya arus globalisasi seperti televisi, game center dan playstation, dan ajakan bermain. This study aims to describe the parent's role in instilling religious values of children aged 6-8 years in Housing of Islamic Village, Tangerang. The method used in this study is a qualitative study method. Data collection procedures carried out by way of anecdotal records, tape recorders by interviewing parents in Housing of Islamic Village Angering , and documentation such as a camera to record the subject’s behaviour that apppears. Data analysis using the technique of Miles and Huberman through reduction, display, and verification. The results of the research parent's role in instilling religious values of children aged 6-8 years in Housing of Islamic Village, Tangerang, namely: (1) Implementation of parents in instilling religious values of children by applying elements of the application of family rules, imposing sanctions when children violate the rules of the family, giving appreciation in the form of awards in children as a form of reinforcement on the behavior of children who are considered good, and the cultivation of religious values is done consistently and patiently, (2) Strategy do parents in instilling religious values in children is to give an explanation to the children about the importance of worship, build religious concepts through reading books, taking children to pray in congregation, urging children to prayer five times a day and do not procrastinate prayers, giving good role models, get children to read prayers before and after doing something, teach moral values in children, also include children educated in institutions based on religion, (3) the level of parental education, the environment, infrastructure and adequate infrastructure be factors supporting parents in instilling religious values in children, and there are constraints faced by parents among the bustle of the parents, to globalization such as televisions, game center and PlayStation, and an invitation to play.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurjannah, M.Pd. 2). Lara Fridani, M.Psych., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:23
Last Modified: 18 Apr 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26776

Actions (login required)

View Item View Item