PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN (Penelitian Tindakan di Kelas VII.B SMP Marie Joseph Jakarta Utara Tahun Pelajaran 2015/2016)

ARIFTO JUNIARDI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN (Penelitian Tindakan di Kelas VII.B SMP Marie Joseph Jakarta Utara Tahun Pelajaran 2015/2016). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS ARIFTO JUNIARDI 7216140061.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot pada permainan bola basket melalui pendekatan bermain. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang penerapan pendekatan bermain untuk siswa kelas VII.B SMP Marie Joseph yang berjumlah 23 orang siswa. Model tindakan dalam penelitian ini menggunakan model tindakan Kemmis dan Taggart yang meliputi tahapan-tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari data hasil tes lay up shoot pada permainan bola basket tes awal diperoleh 30.44% dari kriteria yang diharapkan. Pada siklus I terdiri dari empat pertemuan hasil tes lay up shoot diperoleh 60.86% dari kriteria yang diharapkan. Pada siklus II yang terdiri dari empat pertemuan hasil tes lay up shoot diperoleh 86.95% dari kriteria yang diharapkan. Artinya mengalami peningkatan sebesar 56.51%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) melalui pendekatan bermain siswa dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot. (2) melalui pendekatan bermain siswa lebih antusias serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hidayat Humaid, M.Pd ; 2). Dr. Abdul Sukur, S.Pd, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 09 Jan 2020 15:44
Last Modified: 09 Jan 2020 15:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item