PENGARUH JARAK LOKASI TEMPAT TINGGAL DARI PUSAT PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI PELANGGAN MENGENAI KUALITAS PELAYANAN AIR MINUM PDAM TIRTA HANDAYANI (Studi Kasus di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

PENI PUSPITASARI, . (2017) PENGARUH JARAK LOKASI TEMPAT TINGGAL DARI PUSAT PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI PELANGGAN MENGENAI KUALITAS PELAYANAN AIR MINUM PDAM TIRTA HANDAYANI (Studi Kasus di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PENI PUSPITASARI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak lokasi tempat tinggal dari pusat pelayanan terhadap persepsi pelanggan tentang kualitas pelayanan air minum PDAM Tirta Handayani yang mengambil studi kasus di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Januari hingga April 2016. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah pelanggan berdomisili di Desa Sidoharjo dan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul dengan pelanggan PDAM sebanyak 14.738. Pengambilan sampel diambil secara acak proposional dengan sasaran sampel adalah pelanggan rumah tangga yang berlangganan selama 1 tahun atau lebih menggunakan tabel sampel menurut Yount menjadi berjumlah 147, 38 jiwa, dibulatkan menjadi 147 jiwa dengan penyebaran sampel 74 sampel di Desa Sidoharjo dan 73 sampel di Desa Purwodadi. Teknik pengambilan data menggunakan data primer dengan kuesioner dan data sekunder. Teknik analisa datanya adalah menggunakan tabel rumus rentang skor. Klasifikasi jarak di Desa Sidoharjo antara 13.500m – 14.800m hingga klasifikasi jarak antara 17.401m – 18.700m persepsi pelanggan adalah sedang, juga pada Desa Purwodadi klasifikasi jarak antara 20.001m – 21.200m hingga 23.601m – 24.800m memiliki persepsi pelanggan yang sedang, namun pada jarak terjauh di Desa Sidoharjo yaitu antara 18.701m – 20.000m persepsi pelanggan menjadi rendah, demikian juga dengan Desa Purwodadi dengan jarak terjauhnya yaitu antara 24.8801m – 26.000m persepsi pelanggan menjadi rendah. Hampir semua pelanggan baik Desa Purwodadi dan Desa Sidoharjo memiliki persepsi sedang mengenai pelayanan PDAM, sedangkan pada jarak terjauh ke PDAM pada kedua desa tersebut yaitu Desa Purwodadi dan Desa Sidoharjo, persepsi pelanggan menjadi rendah. Hal ini memberi kesimpulan bahwa pelanggan di Desa Purwodadi dan Desa Sidoharjo memiliki persepsi sedang mengenai kualitas pelayanan PDAM Tirta Handayani, tidak baik juga tidak buruk.Dari semua indikator tersebut, terdapat pengaruh antara jarak dengan persepsi pelanggan mengenai pelayanan air minum PDAM, kecuali indikator kualitas air. Kualitas air tidak dipengaruhi oleh jarak melainkan dipengaruhi oleh musim. This report aims to review the influence of the distance between the location residence of central customer service for perception about the quality of drinking water services pdam tirta handayani take a case study in in tepus , gunungkidul district , province yogyakarta special region .January until april 2016 .Methods used is the method descriptive the survey . The population research is customers reside in the village sidoharjo and purwodadi was , in tepus , district gunungkidul with the company about 14.738. The sample collection taken at random sample proportional to target is the customer households that to subscribe for a year or more use table sample according to yount be were 147, 38 soul, rounded be 147 soul to the spread of the sample 74 sample in the village sidoharjo and 73 sample in the village of purwodadi.Technique the data using primary data with the questionnaire and secondary data.Technique analysis the data is use table formula range a score. Classifications distance in the village sidoharjo between 13.500m - 14.800m to classifications the distance between 17.401m - 18.700m perception customer is being , also in the village of purwodadi classifications the distance between 20.001m - 21.200m to 23.601m - 24.800m have the customers who is , but at a distance farthest in the village sidoharjo that was between 18.701m - 20.000m perception customers of being inferior , so it is with the village of purwodadi with its greatest distance that was between 24.8801m - 26.000m perception customers of being inferior .Almost all the customers good the village of purwodadi and village sidoharjo have the and as for services pdam , while at a distance farthest to pdam on both the village the village purwodadi and village sidoharjo , perception of being inferior customers . This gives the conclusion that customers in the village of purwodadi and villages sidoharjo have perception is on the quality of service pdam tirta handayani , not good also not bad from all the indicators , the distance between as customers of drinking water services company , but the water quality .Water quality not affected by the distance but influenced by season.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rudi Iskandar ., M.Si 2) Dr. Muzani Dipl-Eng .,M.Si
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:33
Last Modified: 18 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26783

Actions (login required)

View Item View Item