STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 9 JAKARTA

NUR ANNISA, . (2017) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
nur annisa_1445130153.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data di SMP Negeri 9 Jakarta, untuk mengetahui strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah ini. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei 2017 sampai dengan Juni 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini yaitu: Kepala SMP Negeri 9 Jakarta, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Staff Bidang Sarana dan Prasarana, tim pengendali mutu, Kepala Tata Usaha, dan Humas di SMP Negeri 9 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan kerja sama tim memiliki peranan yang sangat dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan. kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah yaitu kepemimpinan demokratis. Dampak yang ditimbulkan oleh kepemimpinan kepala sekolah ini ditunjukkan dengan lingkungan yang nyaman, disiplin, kerja sama tim yang solid, serta berprestasi. Kerja sama tim yang dibentuk oleh kepala sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, komite dan orang tua peserta didik. Keberhasilan dari kerja sama tim dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang telah dicapai oleh peserta didik di sekolah. Koordinasi dan komunikasi oleh tim dilakukan dengan baik. Kepala SMP Negeri 9 Jakarta hendaknya menambah keterampilan dalam mengelola sekolah dan menjunjung tinggi nilai demokrasi dan kekeluargaan. Tim juga harus tetap menjaga komunikasi, koordinasi, komitmen serta menjunjung tinggi nilai kepercayaan antar anggota tim sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang ditetapkan. This study aims to obtain data in 9 Jakarta Junior High School, to know the strategy of improving the quality of education in this school. This research was conducted from May 2017 until June 2017. The researchers used a qualitative approach and descriptive methods. Data collection has done through observation, interviews, and documentation. Source of this research are: headmaster of 9 Jakarta Junior High School, Vice Principal of Curriculum, Vice Principal of student affairs, Staff of Facilities and Infrastucture, Quality Control Team, Head of Administration and Public Relations of 9 Jakarta Junior High School. Based on the result of research and data analysis, it can be conclude that the principal’s leadership and teamwork have a very dominant role in improving the quality of the school. The leadership exercised by the principal the democratic leadership. The impact brought about by the leadership of the head of the school is shown with the comfortable environment, discipline, solid teamwork, and achievement. Teamwork formed by the principal consists of principals, teachers, committees, and parents of student. The success of teamwork can be seen from the many achievements that students has achieved in the school. Coordination and comunication by the team is done well. The headmaster of 9 Jakarta Junior High School should add the skills in managing the school and uphold the values of democracy and kinship. The team must also maintain communication, coordination, commitment and uphold the value of trust among team members so that it can run in accordance with the set.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd. 2). Amril Muhammad, S.E, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:44
Last Modified: 18 Apr 2022 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item