PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 22 JAKARTA

SRI HARTINI, . (2016) PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-SRI HARTINI-331526607.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil berupa nilai pretest dan postest menggunakan instrumen Two Tier Multiple Choice hasil pengembangan instrumen oleh Mita Yuli Dewi Lestari (2014). Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibanding kelompok kontrol. Berdasarkan uji t didapat thitung = 3,33 dan ttabel = 1.67 dengan dk=56. Nilai thitung lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan strategi konflik kognitif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tritiyatma Hadunugrahaningsih, M.Si 2) Dr. Fera Kurniadewi, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:44
Last Modified: 18 Apr 2022 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item View Item