PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn (Studi di SMA Negeri 1 Jakarta)

PINKAN ILMAL FAUZIAH, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn (Studi di SMA Negeri 1 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Pinkan Ilmal Fauziah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data atau fakta yang valid dan dipercaya melalui pengalaman guru dan siswa tentang apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran outdoor study terhadap hasil belajar PPKn di SMA Negeri 1 Jakarta. Permasalahan pada penelitian ini yaitu metode belajar yang diberikan oleh guru yang membuat siswa merasa bosan bahkan hasil belajar pun kurang maksimal karena pembelajaran di dalam ruang kelas saja. Oleh karena itu, guru dituntut kreatif dalam menggunakan metode belajar salah satunya dengan adanya metode outdoor study. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 72 responden. Untuk mendapatkan data variabel X digunakan instrumen berupa angket dan variabel Y menggunakan nilai siswa yang pernah belajar menggunakan metode outdoor study. Instrumen di ujicobakan terlebih dahulu dengan 36 responden untuk mengambil validitas dan reliabilitas instrumen tersebut. Hasil uji normalitas menggunakan rumus liliefors dan diperoleh Lhitung data kelompok sebelum menggunakan outdoor study sebesar 0,099 dan Lhitung data kelompok yang menggunakan outdoor study 0,102. Ltabel sebesar 0,104, karena Lhitung<Ltabel maka dapat disimpulkan kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas Fhitung(1,82)<Ftabel(1,90), maka variansi populasi antara kelompok 1 dengan kelompok 2 adalah homogen. Untuk uji pengaruh antara kedua kelompok tersebut yaitu menggunakan uji t, maka diperoleh thitung (6,196)>ttabel(1,994). Simpulan hasil analisis adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Outdoor Study terhadap Hasil Belajar PPKN. The purpose of this research is to gain data or valid and reliable fact through student and teacher experience about effect of outdoor study methods again the result of civic education study in SMA Negeri 1 Jakarta. The problems of this research is boring study methods that have been implemented by teacher that makes student feels bored also makes the study result become not have maximal result because they only study in their class. Because of that the teacher must be creative in creating study methods, and one of the creativity methods is outdoor study. This research use ex post facto methods with quantitative approach. The amount of the sample is 72 respondent. To gain the data of X variable, the author use a questionnaire instrument, and to gain the Y variable data the author using a result of student that has been using outdoor study methods. The instrument was tested with 36 respondent to gain validity and reliability of the instrument. The result of normality test using liliefors is Lcount of data classifications before applying outdoor study 0,099 and Lcount of data classifications after applying outdoor study is 0,102. Ltable is 0,104, because Lcount < Ltable so we can conclude that both variable have normal distribution. The result of homogenize test is Fcount(1,82)<Ftable (1,90), so population variant between one group with two group is homogeneous. Effect test between second group is using t test, so result tcount (6,196)>ttable(1,994). Conclusion is a significant effect between Outdoor Study Methods against Civic Education Study Result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Suhadi, M.Si. 2) Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:49
Last Modified: 18 Apr 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item