NUR FAIZAH, . (2016) MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV DI SDN MALAKA SARI 04 PAGI DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. BAB II.pdf Download (536kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, MOTTO, SURAT KEASLIAN SKRIPSI, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf Download (439kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Download (411kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (459kB) |
|
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (42kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (98kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa melalui penerapan model sains teknologi masyarakat pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB SDN Malaka Sari 04 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur pada bulan Maret 2016, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I kecerdasan naturalis siswa sebesar 70,37%. Siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 88,89%. Adapun data pemantau tindakan guru pada siklus I adalah 85% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pemantau tindakan siswa pada siklus I adalah 75% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian, tercapai sudah target yang diharapkan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui model sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan kecerdasan naturalis siswa kelas IVB SDN Malaka Sari 04 Pagi. The aims of this research is to increase students natural intelligence through the application of science technology and society model in the subject of science. This research was conducted at the students of grade IVB, Public Elementary School of Malaka Sari 04, Duren Sawit, East Jakarta, in March 2016. The method of the classroom action research which consist of 2 cycles with 4 activities: planning, action, observation, and reflection was used in this research. The data was collected using a non-test instrument and field notes. The research results show that the percentage of the data on cycle I, the students natural intelligence reach at 70,37%. On Cycle II, it indicates a significant reach at 88,89%. As for monitoring data action of teacher in the first cycle was 85% and increased to 100% in the second cycle. Based on monitoring data action of students in the first cycle was 75% and increased to 90% in the second cycle. Therefore, it reached the expected target. The implication of these result is that the learning process through science technology and society model can increase students natural intelligence of grade IVB Public Elementary School of Malaka Sari 04.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sutrisno, M.Si. 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:51 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26797 |
Actions (login required)
View Item |