ARSHINTA KUSWARDHANI, . (2012) The Teachers’ Pedagogic Functions in Primary School Classroom Interactions: A Discourse Analysis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ARSHINTA KUSWARDHANI-The Teachers' Pedagogic Functions as Re.pdf Download (808kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap fungsi pedagogis dari ungkapan guru dalam interaksi kelas Bahasa Inggris di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis wacana yang menggunakan Systemic Functional Linguistic dalam menganalisa data. Data didapat melalui pengamatan interaksi kelas pada dua sekolah dasar di Jakarta Timur; SDN Cipinang Muara 14 dan SDN Pisangan Baru 03 Pagi. Wawancara terhadap dua guru disekolah tersebut juga dilakukan untuk mengklarifikasi data yang didapat. Fokus analisis adalah ucapan-ucapan guru yang ditemukan dalam interaksi kelas. Pertama, tujuan ucapan-ucapan tersebut dianalisis untuk menentukan jenis-jenis fungsi bahasa. Kemudian, jenis-jenis fungsi bahasa tersebut diklasifikasikan kedalam fungsi pedagogis. Terakhir, penggunaan bahasa Inggris pada fungsi pedagogis dihitung. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa fungsi bahasa guru dalam interaksi kelas di sekolah dasar terdiri dari memerintah siswa, memberikan pernyataan, dan menyanyakan siswa. Guru menggunakan bahasa Indonesia lebih dominan di ketiga fungsi bahasa tersebut. Berdasarkan fungsi bahasa yang didapat, fungsi pedagogis guru muncul ketika memberikan model bahasa target (29%), bertanya (23%), memberikan penjelasan (20%), menjelaskan (6%), membimbing (6%), memuji (5%), mengoreksi (5%), memperoleh jawaban dari siswa dengan bertanya (4%), memberikan informasi (3%), dan menjawab pertanyaan siswa (1%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 09:40 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 09:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/268 |
Actions (login required)
View Item |