POLA STRATEGI KEBERTAHANAN PONDOK PESANTREN DI WILAYAH SUB-URBAN (Studi Kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada Citayam-Depok)

ANGGI BUDI UTAMA, . (2015) POLA STRATEGI KEBERTAHANAN PONDOK PESANTREN DI WILAYAH SUB-URBAN (Studi Kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada Citayam-Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
3. SKRIPSI BAB I-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ANGGI BUDI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
2. ABSTRAK-DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai Stretegi Kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada dalam menghadapi tuntutan perubahan yang ada di dalam masyarakat. Penulis ingin mengetahui bentuk dan pola strategi kebertahanan sebuah lembaga pendidikan berbasis keagamaan di wilayah sub-urban yakni Pondok Pesantren Qotrun Nada. Citayam sebagai wilayah sub-urban mengalami banyak perubahan dalam aspek sosial dan pendidikannya. Penulis ingin mengetahui bagaima cara strategi kebertahanan yang diterapkan Pondok Pesantren Qotrun Nada. Selain itu penulis ingin melihat sejauh mana kontribusi para aktor Pondok Pesantren Qotrun Nada dalam kebertahanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat mendeskripsikan suatu data yang diperoleh penulis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Qotrun Nada, Jl. Pon-Pes Qotrun Nada No. 1 RT. 02/03 Kel. Cipayung Jaya Kota Depok, Jawa Barat. Dalam penelitian ini, subjek penelitian terdiri dari 10 informan yang terdiri dari informan kunci yakni KH. Burhanudin Marzuki selaku pimpinan Pondok Pesantren Qotrun Nada, Ustad Ahya selaku Kepala Sekolah, Ustad Sandi selaku guru, dan Ustad Andi Sofyan. Selaku guru dan alumni Pondok Pesantren Qotrun Nada. Kemudian 3 orang santri dan orang tua santri. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa dalam strategi kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada menggunakan dua aspek yang utama yaitu strategi batin serta strategi dhohir. Strategi batin terimplemetasikan dalam iman, ilmu, ikhsan, ikhlas, istiqomah, dan ittiba para aktor Pondok Pesantren Qotrun Nada. Strategi dhohir merupakan strategi yang tertuang dalam pengelolaan pesantren sebagai sebuah sistem. Strategi ini memuat row input, instrumental input, environmental input, proses pendidikan, hingga menghasilkan output dari pendidikan pesantren. Dalam pola kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada peran para aktor sangat penting. Posisi aktor pesantren menentukan alur serta cara kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada. Selain para aktor pesantren, santri juga sangat berperan dalam kebertahanan Pondok Pesantren Qotrun Nada dengan proses sosialisasi yang dilakukan santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suriani, SH., MA. ; 2). Dr. Eman Surachman, MM.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:07
Last Modified: 19 Apr 2022 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item