Peningkatan Sikap Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran PKn Berbasis Active Learning Tipe Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur)

NUR HIDAYAH, . (2017) Peningkatan Sikap Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran PKn Berbasis Active Learning Tipe Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Other
SKRIPSI.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKn berbasis active learning tipe role playing di kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 09 sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini melalui tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kuesioner,lembar pengamatan, dan dokumentasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan dari hasil analisis data yang diperoleh saat penelitian menunjukkan peningkatan pada sikap toleransi yaitu pada siklus I sebanyak 61,53% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,46%. Data yang diperoleh pada pelaksanaan active learning tipe role playing untuk tindakan guru pada siklus I menunjukkan persentase sebanyak 70% dan pada siklus II sebanyak 87,5%. Data yang diperoleh pada pelaksanaan active learning tipe role playing untuk tindakan siswa pada siklus I 67,5% dan siklus II 82,5%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menyimpulkan bahwa sikap toleransi pada siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur dapat meningkat melalui pembelajaran PKn berbasis active learning tipe role playing. Intended this research to improve tolerance students through instructional civics based on active learning role playing types at grade V SDN Rawamangun 09 East Jakarta. This subjects of this research were students of class V SDN Rawamangun 09 East Jakarta amounting 26 students, 11 males and 15 females. The method of this research is Classroom Action Research spiral model of Kemmis and Mc.Taggart. This research through planning, action and observation and also reflection. Techniques of data retrieval in this research from questionnaires, paper observation and documentation the taken during civics instructional takes place. Based on report data from action research show that increase tolerance students in the first cycle of 61,53% and increased in the second cycle to 88,46%. Data of active learning role playing types in first cycle show 70% teachers activity and increase to 87,5% in second cycle. Data of active learning role playing types in first cycle show 67,5% students activity and increase to 82,5% in second cycle. From result this research we can take conclusion that tolerance student at grade V SDN Rawamangun 09 East Jakarta can increase through through instructional civics based on active learning role playing types.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:58
Last Modified: 18 Apr 2022 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26806

Actions (login required)

View Item View Item