PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA

STEFANUS RENO SAPUTRA, . (2017) PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215126570-Stefanus Reno Saputra.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja siswa berbasis pendekatan saintifik yang valid dan reliabel dalam menilai kinerja siswa pada kegiatan percobaan Gerak Harmonis Sederhana (GHS). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang dirumuskan oleh Reiser and Mollenda yang terdiri dari tahapan: Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implement), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian kinerja siswa yang dikembangkan berbentuk daftar centang (check list) yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan siswa dalam mengamati, menanyakan, dan melaksanakan percobaan, serta kemampuan menalar dan mengomunikasikan hasil percobaan yang merupakan tahapan „5M‟ dalam pendekatan saintifik. Setiap butir penilaian dalam instrumen divalidasi oleh ahli instrumen dan evaluasi dengan hasil semua butir penilaian dinyatakan layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 100%. Instrumen kemudian diuji kualitas konstruksi, materi, dan kebahasaannya oleh panel (guru) dengan hasil: aspek konstruksi instrumen 89,17% atau sangat baik, aspek materi 95 % atau sangat baik, dan aspek kebahasaan 87,5 % atau sangat baik. Validasi butir penilaian dilakukan dengan uji coba individu dan uji coba kelompok besar, dan didapatkan hasil untuk uji coba individu 33 butir penilaian valid dan 7 butir penilaian tidak valid dengan tingkat reliabilitas instrumen 0,991 atau berada dalam kategori tinggi. Untuk uji coba kelompok besar didapatkan 33 butir penilaian valid dan tidak ada butir penilaian yang tidak valid dengan tingkat reliabilitas instrumen 0,878 atau berada pada katagori tinggi. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel untuk taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kinerja siswa berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel untuk digunakan dalam menilai keterampilan siswa pada kegiatan percobaan GHS. This research aims to develop instrument of students performance assessment based scientific approach are valid and reliable in assessing the student performance on Experiment of Simple Harmonic Motion (SHM). This study uses ADDIE formulated by Reiser and Mollenda which consists of the following phases: Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. Instrument of Student performance assesment developed by the check list form that can be used to measure students' skills in observing, asking, and carry out experiments, as well as the ability to reason and to communicate the results of an experiment which is a stage '5M' in a scientific approach. Each item in the assessment instruments validated by expert of instrument and evaluation. The results of all the votes declared all items fit for use with a percentage 100%. The instrument then tested the quality of construction, subject, and its linguistic by the panel (teachers) with the results: 89.17% construction aspects of the instrument or very good, 95% the subject aspect is very good, and aspects of language or excellent 87.5%. Validation grain assessment is done by testing the individual and large group trial, and the results obtained for testing individual 33 grains valid and 7 grains invalid with the level of instruments reliability 0.991 or are in a high category. To test a large group obtained 33 grains valid and no grain invalid with the level of instruments reliability 0.878 or higher for the 5% significance level. Based on these results, it can be concluded that instrument of student performance assessment based scientific approach that developed declared valid and reliable for use in assessing students' skills in experiment of Simple Harmonic Motion (SHM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd 2) Dr. Betty Zelda Siahaan, MM
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:00
Last Modified: 18 Apr 2022 03:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item