MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA PESERTA DIDIK GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Kembar Karya Pembangunan, Perumnas Klender Jakarta Timur)

NUR INDAH PERMATA SARI, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA PESERTA DIDIK GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV (Suatu Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Kembar Karya Pembangunan, Perumnas Klender Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NUR INDAH PERMATA SARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (582kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara jelas mengenai meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode global pada peserta didik gangguan intelektual ringan kelas IV di SLB-C Kembar Karya, Jakarta TImur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2016 dengan subjek penelitian di kelas IV sebanyak 5 peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi yaitu sebesar 65. Analisis data yang diperoleh nilai kemampuan awal sebesar 20.4, setelah melakukan tindakan siklus I nilai kemampuan membaca permulaan menjadi 36.2, dikarenakan nilai belum mencapai standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan nilai 65,01. Dampak dari penelitian ini adalah guru menjadi lebih kreatif dalam memberikan motivasi peserta didik untuk membaca. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode global mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas IV di SLB C Kembar Karya. The purpose of this study was to obtain clear information regarding boost reading skills by using global learners beginning of mild mental retardation in SLB class IV-C Kembar Karya, East Jakarta. This study was conducted from October to December 2016, with a research subject in the fourth grade as much as 5 learners. The method used is classroom action research conducted in two cycles. Standard success of learners in mastering the material that is equal to 65. Analysis of Data Obtained initial proficiency score of 20.4, after cycle I value the ability to read the beginning Becomes 36.2, and Because The value has not Reached the standard of student success in mastering the material, the Researchers perform actions on cycle II with a score of 65,01. The impact of this research is the teachers to be more creative in motivating learners to read. Thus it can be said that the global method can increase the ability to read the beginning of the fourth grade students in SLB C Kembar Karya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wuryani, M.Pd. 2). Dra. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:13
Last Modified: 18 Apr 2022 03:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26816

Actions (login required)

View Item View Item