IMPLEMENTASI PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 76 JAKARTA

SULASTRI, . (2017) IMPLEMENTASI PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 76 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SULASTRI_3315130932.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran POGIL pada materi larutan penyangga di SMA 76 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Februari hingga Maret di SMA Negeri 76 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes dan Metacognitif Awareness Inventory (MAI) sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil tes keterampilan metakognitif siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata hasil tes siswa sebesar 61. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, sebanyak 33 siswa (dari 36 siswa) atau 91,67% siswa mengalami peningkatan hasil tes keterampilan metakognitif bila dibandingkan dengan hasil tes keterampilan metakognitif siklus I. Seluruh indikator keterampilan metakognitif siswa mengalami peningkatan dengan masing-masing indikator mencapai persentase di atas 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran POGIL dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa XI IPA 3 pada materi larutan penyangga di SMAN 76 Jakarta. The aim of study is to improve students metacognitive skills by using POGIL learning strategy on buffer solution material at SMA Negeri 76 Jakarta. This research was conducted from February to March in SMA 76 Jakarta. The research methods used is a classroom action research (PTK). The instrument used is a test sheet and Metacognitive Awareness Inventory (MAI) as supporting date. Based on the result of metacognitive skill test of students, in cycle 1 obtained the average of students test result of 61. After doing action cycle II, as many as 33 students (from 36 students) or 91,67% students experience improvement of metacognitive skill test result when compared with the result of the metacognitive skill test of cycle I. All in indicators of metacognitive skill of students have increased with each indicator reaching a percentage above 75%. The results of this study indicate that POGIL learning strategy can improve students metacognitive skill XI IPA 3 on material of buffer solution in SMA 76 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tritiyatma H., M.Si 2) Drs Darsef Darwis, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:17
Last Modified: 18 Apr 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item