PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA

SUMARTI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SUMARTI_MAGISTER PENDIDIKAN FISIKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Bogor pada siswa kelas XI, metode eksperimen digunakan dengan design 2 x 2. Adapun populasi sebanyak 128. Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan memecahkan masalah fisika pada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum lebih tinggi daripada kelompolk siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Self Regulated Learning; 2) Kemampuan memecahkan masalah fisika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, lebih tinggi daripada yang memiliki motivasi rendah;; 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika; 4) Kemampuan memecahkan masalah fisika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Self Regulated Learning; 5) Kemampuan memecahkan masalah fisika siswa yang mengikuti pembelajar dengan model pembelajaran Quantum lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Self Regulated Learning pada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah; 6) Kemampuan memecahkan masalah fisika kelompok siswa yang memiliki Motivasi tinggi, lebih tinggi daripada kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum; 7) Kemampuan memecahkan masalah fisika kelompok siswa yang memliki motivasi tinggi, lebih tinggi daripada kelompolk siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Self Regulated Learning. The objective of the research is to find out the effect of learning models and motivation toward problem solving skills in physics. This research is conducted at SMAN 10 Bogor. The population was 128 students. This research is used experimental study by using a factorial 2 x 2 design. The research finding shown that ; 1) quantum learning model was higher than the students who learnt with Self regulated learning toward problem solving skills; 2) High motivation was higher than low motivation toward problem solving skills; 3) There was an interaction effect between learning model toward problem solving skills; 4) For the students who had high motivation, students’ problem solving skills between the students who learnt quantum learning was higher than the students who learnt by using self regulated learning; 5) For the students who had low motivation, students’ problem solving skills between the students who learnt quantum learning was higher than the students who learnt by using self regulated learning; 6) For the students who learnt by using quantum learning, students’ problem solving skills who had high motivation was higher than the students who had low motivation; 7) For the students who learnt by using self regulated learning, students’ problem solving skills who had high motivation was higher than the students who had low motivation.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd 2) Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:22
Last Modified: 18 Apr 2022 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item