IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING (M- LEARNING) BERBASIS APLIKASI LINE PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 77 JAKARTA

PUTRI CAHYANINGTYAS PANGESTUTI, . (2017) IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING (M- LEARNING) BERBASIS APLIKASI LINE PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Putri Cahyaningtyas Pangestuti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Mobile Learning (M- Learning) Berbasis Aplikasi LINE pada Pembelajaran PAI di SMAN 77 Jakarta. Peneliti menganggap bahwa guru Pendidikan Agama Islam sering menggunakan metode konvensional, sehingga siswa kurang aktif, pembelajaran kurang bervariasi serta menjamurnya penggunaan smartphone di kalangan siswa hanya sebatas alat komunikasi dan hiburan semata. Aplikasi LINE dipilih dibandingkan aplikasi lainnya karena pengiriman video tidak ada batas durasi dan tidak adanya admin pada grup yang dibuat Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan dalam implementasi M-learning berbasis aplikasi LINE pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen murni dengan desain one shot case study. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Mobile Learning menurut Deni Darmawan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian perencanaan dan pelaksanaan M-learning berbasis aplikasi LINE pada pembelajaran PAI dapat membantu siswa dalam mengakses materi dimanapun dan kapanpun, dapat bertanya kepada guru terkait materi PAI saat itu juga. The research to find out the Implementation of LINE based Mobile Learning Application on Islamic Education at Senior High School 77 Jakarta. Researchers belived that the teacher of Islamic Education often used conventional method, so that the students are less active, less varied in learning while smartphone used among students is merely limited for communication and entertainment purposes. LINE application was selected in comparing another other application because video delivery has no duration limit and no admin on the group. This research aims to describe the general and implementation of LINE based Mobile Learning application on learning Islamic Education. This research used pure experimental approach with one shot case study design. The theory used in the reasearch is the theory of Mobile Learning according to Deni Darmawan. Data collection techniques used observation, interview, and documentation. The results of this research show that the sequence of planning and implementation Mobile learning-based LINE application on learning Islamic Education can help students in accessing material wherever and whenever, can ask teacher regarding with Islamic Education material at the time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Firdaus Wajdi, PhD 2) Dr. Amaliyah, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:26
Last Modified: 18 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item View Item