NURAINI, . (2017) PENINGKATAN SIKAP HORMAT SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN MATERI KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI NURAINI PGSD.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap hormat siswa melalui pembelajaran PKn materi keutuhan NKRI dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester satu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 orang. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas model spiral/ siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pengamatan/ observasi, kuesioner dan dokumentasi yang diambil pada saat pembelajaran PKn berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari tindakan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada siklus I mencapai 77,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Di sisi lain, data yang diperoleh untuk tindakan siswa selama mengikuti pembelajaran PKn dengan pendekatan saintifik pada siklus I mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Adapun persentase siswa yang mencapai skor sikap hormat ≥ 85 pada siklus I sebanyak 58,62% dan mencapai target pada siklus II dengan persentase 89,65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn materi keutuhan NKRI dengan pendekatan saintifik dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sikap hormat siswa. This research intended to improve the respect students through civic instructional with scientific approach. This research was implemented at SDN 09 Pagi Rawamangun, East Jakarta. The subjects of this research were students of class V in first semester of the 2016/2017 academic year, amounting to 29 students. Researcher used a method of classroom action research spiral model / cycle of Kemmis and Mc. Taggart. This research was conducted during two cycles and each cycle through three phases namely planning, action and observation, and reflection. Techniques of data retrieval through observation, questionnaires and documentation taken during civics l instructional takes place. The results show that the data obtained from civic learning with scientific approach process, the teacher's activity in the first cycle of 77.5% and increased in the second cycle to 90%. On the other hand, the data obtained for the students activity in the first cycle to 70% and increased in the second cycle becomes 87.5%. The percentage of students who achieve a score of respect ≥ 85 in the first cycle as much as 58.62% and reached the target in the second cycle with the percentage 89.65%. The results showed that the civic instructional material integrity of the Republic with the scientific approach could be one way to improving respect students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Prof. Dr. Zulela, MS, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:31 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26834 |
Actions (login required)
View Item |