HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DENGAN MOTIVASI KERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

NURHASANAH, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DENGAN MOTIVASI KERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NURHASANAH (1445132804).pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompensasi dengan motivasi kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pulo gadung. Variabel yang diteliti adalah kompensasi sebagai variabel bebas (X) dan motivasi kerja sebagai variabel terikat (Y). Metode yang digunakan adalah metode penelitian survei. Pengumpulan data untuk variabel kompensasi (X) dan variabel motivasi kerja (Y) menggunakan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan product moment, dengan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk uji keberartian korelasi diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu thitung=1,768 dan ttabel=1,684. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kompensasi dengan motivasi kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Artinya semakin tinggi kompensasi yang diterima maka semakin tinggi tingkat motivasi kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pulogadung. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan kompensasi terhadap motivasi kerja sebesar 9,42%. Berdasarkan nilai tersebut dapat diperoleh gambaran bahwa kompensasi memberikan pengaruh positif pada upaya peningkatan motivasi kerja guru. Namun, untuk memberikan pengaruh positif pada motivasi kerja guru tidak hanya kompensasi namun dibutuhkan faktor-faktor lain. This research aims to determine if there is a relationship between compensation and work motivation of the Public Elementary School teachers in District Pulogadung. The variables studied were compensation as the independent variable (X) and work motivation as the dependent variable (Y). The method used is survey method. Data collection for compensation variable (X) and work motivation variable (Y) use instruments. The data analysis technique used to test the hypothesis is product moment, with the first test requirements are including normality test and linearity test. Based on the results of hypothesis testing to test the significance of correlation obtained that tvalue> ttable that tvalue = 1.768 and ttable = 1.684. Accordingly hypothesis can be accepted. It means the null hypothesis (H0) was rejected. Based on this research it can be concluded that there is a positive relationship between compensation and work motivation of the Public Elementary School teachers in district Pulogadung East Jakarta. That means the higher compensation received, the higher level of work motivation of the Public Elementary School teachers in District Pulogadung. The results also showed that the contribution of compensation for work motivation amounting 9.42%. Based on these values can be obtained description that compensation had a positive influence on improving work motivation of teachers. However, to have a positive influence on work motivation of teachers not only compensation but it takes other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Heru Santosa, M. Pd. 2). Dr. Neti Karnati, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:41
Last Modified: 18 Apr 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item