PERBEDAAN REAKSI KECEMASAN SECARA PSIKOLOGIS DITINJAU DARI TIPE REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SAAT MENYUSUN SKRIPSI

NURIDA AGUSTIN, . (2016) PERBEDAAN REAKSI KECEMASAN SECARA PSIKOLOGIS DITINJAU DARI TIPE REGULASI EMOSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA SAAT MENYUSUN SKRIPSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.pdf

Download (455kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (168kB)

Abstract

Saat proses penyusunan skripsi mahasiswa banyak mengalami berbagai macam kendala yang pada akhirnya dapat menimbulkan kecemasan, yang mengakibatkan mahasiswa menunda penyusunan skripsi atau bahkan ada yang memutuskan untuk tidak menyelesaikan skripsinya (Hariwijaya, 2008). Tipe regulasi emosi yang digunakan seseorang mahasiswa saat menyusun skripsi akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap reaksi kecemasan secara psikologis yang akan dialami. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen Emotion Regulation Questionnaire yang dirancang oleh Gross dan John (2003), dan instrumen reaksi kecemasan secara psikologis dirancang dengan mengembangkan teori reaksi kecemasan secara psikologis dari Bucklew (1960), yang disesuaikan dengan sasaran penelitian. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Dalam penelitian ini pengujian hipotesis dilakukan menggunakan independent sample t-tes. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,115 yang lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05 atau p > α dan nilai t.hitung sebesar 1,607 lebih kecil dari t.tabel sebesar 2,010. Hal ini berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan reaksi kecemasan secara psikologis ditinjau dari tipe regulasi emosi pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta saat menyusun skripsi. When writing the undergraduate thesis process, many students experience various kinds of obstacles which eventually led to anxiety, causing students to procrastinate or even deciding to not finish their thesis (Hariwijaya, 2008).The type of emotion regulation used when a student write the thesis will have different reactions to the psychological anxiety reaction that will be experienced. The data collection in this research used Emotion Regulation Questionnairedesigned by Gross and John (2003), and psychological anxiety reaction instrument designed to develop the theory of psychological anxiety reaction by Bucklew (1960),which was customized with target research.This research uses a type of quantitative research, the sampling technique used is incidental sampling.In this research, hypothesis testing was performed using independent sample t-test. Based on calculations that have been done, it can be seen that the significance value is 0,115 which is bigger than the significance level (α) 0.05 or p > a and t. count value is 1,607 which is smaller than t.table 2,010. This means that Ho is accepted and Ha rejected. The conclusion from this research is there is no significant differences between psychological anxiety reaction in terms of the type of emotion regulation in the State University of Jakarta students when writing undergraduate thesis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anna Armeini Rangkuti, M.Si. 2). Iriani Indri Hapsari, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:49
Last Modified: 18 Apr 2022 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item View Item