PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 48 JAKARTA

BAYU PRATAMA SANDHY, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BAYU 4415096762.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 48 Jakarta, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 48 Jakarta pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas XI MIA 1 semester genap tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini kelas dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Analisis perbedaan menggunakan analisis uji-t, analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Hasil belajar yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, didapatkan hasil rata-rata nilai postest pada kelas kontrol sebesar 67,3 dan kelas eksperimen sebesar 80,0. Dari hasil analisis data diketahui bahwa t hitung sebesar 6,573 dan t tabel sebesar 2,00 dengan taraf signifikasi (α=0,05), hasil pengujian menunjukan H0 ditolak H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Dari perbedaan hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 48 Jakarta. Dari hasil penelitian dapat disarankan supaya menjadi bahan masukan untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. R. Wisnubroto, M. Pd. ; 2). Drs. Nurzengky Ibrahim, MM
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:35
Last Modified: 19 Apr 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

View Item View Item