PENGARUH STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V PADA MUATAN IPA DI SDN KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA

NABILAH ROSYIDAH, . (2018) PENGARUH STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V PADA MUATAN IPA DI SDN KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
a. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
b. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
c. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB IV.pdf

Download (320kB)
[img] Text
e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap kecerdasan interpersonal IPA pada siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas V di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji LIliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilaksanakan uji hipotesis dengan uji – t. hasil penelitian menujukan bahwa siswa yang belajar menggunakan strategi REACT memiliki kecerdasan interpersonal yang lebih tinggi dari siswa belajar menggunakan strategi ekspositori. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi REACT lebih dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dibandingkan strategi ekspositori. Oleh sebab itu, guru perlu memilih strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yetty Auliaty, M. Pd 2) Drs. Waluyo Hadi, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Jan 2020 10:16
Last Modified: 10 Jan 2020 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2686

Actions (login required)

View Item View Item