AHMAD MUJAHID YAUMUL RIDHO, . (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP EKSTRAKURIKULER SISWA PECINTA ALAM SE-KOTA TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi PDF-dikompresi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Peneliti menetapkan kondisi awal yang harus diidentifikasi serta dikelompokan terlebih dahulu. Peran guru pendidikan jasmani terhadap ekstrakurikuler siswa pecinta alam se-Kota Tangerang Selatan telah peneliti analisis dan kemudian peneliti menyusun rencana observasi yang sudah ditetapkan kepada guru pendidikan jasmani sehingga dapat menjadi suatu rangkaian kegiatan untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa pecinta alam. Peneliti melakukan observasi untuk mendapatkan data dari guru pendidikan jasmani se-Kota Tangerang Selatan. Dapat digambarkan bahwa Guru Pendidikan Jasmani se-Kota Tangerang Selatan memiliki peran besar jika ada kegiatan alam bebas / alam terbuka di sekolah. Tapi untuk keterlibatan langsung pada proses pembelajaran ekstrakurikuler siswa pecinta alam guru pendidikan jasmani masih kurang berkontribusi terkait aktivitas guru itu sendiri atau jabatan guru tersebut tidak menjadi pembina ekstrakurikuler tersebut. Mayoritas Guru pendidikan jasmani memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar berkegiatan di alam bebas / alam terbuka yang baik, hanya saja perlu ditambahkan dengan pelatihan – pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan pecinta alam, karena kegiatan ekstrakurikuler siswa pecinta alam merupakan kegiatan yang beresiko tinggi, dan dari minat bakat siswa dapat dikembangkan kemampuan seperti menejerial kegiatan, membentuk sikap positif terhadap lingkungan, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa, dan peningkatan kualitas fisik. Hanya saja kegiatan ekstrakurikuler siswa pecinta alam memiliki kekurangan dalam hal perizinan pada kegiatan penjelajahan dari pihak sekolah Proses observasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani dilakukan melalui memberikan kuesioner setelah ii mengumupulkan dan mentabulasi kuesioner muncul persentase yang dianalisis yaitu apresiasi guru terhadap kegiatan ekstrakurikuler siswa pecinta alam, pola strategi pemberian materi aktivitas alam bebas / alam terbuka, serta penerapan pendekatan dan tempat latihan pembelajaran yang sesuai untuk ekstrakurikuler siswa pecint alam. Uji Validitas kepada dosen ahli kegiatan alam bebas / alam terbuka yang bertujuan untuk mengetahui secara pernyataan untuk hasil penelitian yang valid tentang pemahaman dan kemampuan guru terhadap kegiatan alam bebas / alam terbuka. Hal ini merupakan syarat mutlak yang harus diketahui oleh peneliti dalam menentukan tentang penetapan pengetahuan dan kemampuan dasar guru yang mempengaruhi peran mereka terhadap ekstrakurikuler siswa pecinta alam. Pada hasil uji coba yang telah di uji cobakan 73 pernyataan kepada pecinta alam, dan setelah uji coba pernyataan telah terdapat data atau hasil tes dengan kriteria drop dan valid dalam menjawab pertanyaan yang telah di berikan oleh peneliti yaitu sebanyak 14 pecinta alam dan yang valid sebanyak 39 pernyataan dilanjutkan dengan diuji cobakan kepada guru pendidikan jasmani. Setelah melaksankan penelitian mendapatkan persentase guru sebanyak 100% dan frekuensi jawaban sangat setuju guru pendidikan jasmani memiliki peran yaitu 31,68%, setuju 39,56% menyatakan setuju, 6,95% menyatakan ragu-ragu guru pendidikan jasmani memiliki peran, 16,66% menyatakan guru tidak setuju guru memiliki peran dan 4,76% sangat tidak setuju guru pendidikan jasmani memiliki peran terhadap esktrakurikuler siswa pecinta alam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Yansen H. Jutalo, M.Pd. ; 2). Eka Fitri Novita Sari, M.Pd. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Penjaskesrek |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 03:43 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 03:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26862 |
Actions (login required)
View Item |