UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK SAPUAN DEPAN DENGAN MEDIA BOLA PADA SISWA PERGURUAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE RAYON SMKN 34 JAKARTA

AHMAD ZULIAN PURNAMA, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK SAPUAN DEPAN DENGAN MEDIA BOLA PADA SISWA PERGURUAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE RAYON SMKN 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ZULIAN PDF.pdf

Download (779kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik Sapuan Depan dengan Media Bola pada Siswa Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon SMK Negeri 34 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Mei di Rayon latihan SMK N 34 Jakarta. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa atau atlit pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate SMK Negeri 34 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan Classroom Action Research, yaitu dengan memberikan perlakuan khusus kepada atlet untuk meningkatkan teknik Sapuan Depan pada Perguruan Pencak Silat. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah : gerakan persiapan, gerakan pelaksanaan, gerakan lanjutan, dan gerakan akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan yaitu: dengan penelitian action research dan menggunakan metode bagian perbagian dalam melatihnya, dapat meningkatkan teknik sapuan depan pada Perguruan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon SMK Negeri 34 Jakarta. Dengan dua siklus penelitian tindakan. Dari Tingkat keberhasilan siswa pada tes awal berjumlah 2 atau 10%, kemudian setalah dilatih dengan metode bagian perbagian pada siklus I siswa yang berhasil berjumlah 13 atau 65%, dan karna tidak mencapai target dilanjutkan sampai pada siklus II yang mana pada siklus II keberhasilan siswa mencapai 18 orang atau 90% tuntas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Widiastuti, M.Pd. ; 2). Hendro Wardoyo, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:47
Last Modified: 19 Apr 2022 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26866

Actions (login required)

View Item View Item