Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 75 Jakarta

NURUL AMRI JAYADI, . (2017) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 75 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nurul Amri Jayadi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa modul elektronik pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 75 Jakarta. Pengembangan ini mengikuti prosedur pengembangan perangkat pembelajaran dari model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Evaluasi modul elektronik ini melalui empat tahapan; tahapan expert review, tahap one to one, tahap small group, dan tahap field test. Pada tahapan expert review dievaluasi oleh dua orang ahli materi dan satu orang ahli media. Tahapan one to one diuji coba oleh tiga orang peserta didik. Pada tahapan small group diuji coba oleh delapan orang. Pada tahapan field test diuji coba oleh lima belas orang. Hasil dari pengembangan ini berupa modul elektronik untuk pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 75 Jakarta. Dari hasil data review ahli dan uji coba di atas modul elektronik dapat dikategorikan baik. The purpose of this development is to produce a learning media by creating Electronic Module for Learning History of Class XI in 75 Senior High School Jakarta. This development follows the learning development procedure of the 4D model developed by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn L. Semmel. This development model consists of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. Evaluation of this electronic module following four steps: first step is expert reviews, second step is one to one evaluation, third is small group evaluation, and the fourth step is field test. On the expert reviews, this electronic module evaluated by two experts matter and one expert media. On the one to one evaluation this electronic module evaluated by three students. On the small group evaluation, this electronic module evaluated by eight students. On the field test, this electronic module evaluated by fifteen students. The result of this development is electronic module for learning history of class XI in 75 Senior High School Jakarta. From the results of expert review and student trials the electronic module can be categorized well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd. 2). Cecep Kustandi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:21
Last Modified: 18 Apr 2022 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item View Item