PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV SDN PONDOK KOPI 04 PAGI

NURUL ARIFAH, . (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TEMA PAHLAWANKU DI KELAS IV SDN PONDOK KOPI 04 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL ARIFAH 1215120018.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran saintifik di dalam proses pembelajaran tema Pahlawanku di kelas IV SDN Pondok Kopi 04 Pagi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengambil latar SDN Pondok Kopi 04 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa SDN Pondok Kopi 04 Pagi telah menerapkan langkah-langkah pendekatan pembelajaran saintifik dengan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran tematik. Penggambaran tersebut, didapatkan melalui serangkaian penelitian yang diantaranya terdiri dari sub variabel perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru telah merancang pembelajaran dengan menjabarkan langkah pendekatan pembelajaran saintifik (2) guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan langkah mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasi. Di antara kelima langkah tersebut siswa masih terkendala pada langkah menanya (3) penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun, tidak tersedianya instrumen penilaian sikap membuat penilaian autentik menjadi tidak akurat. This study aims to describe the application of scientific learning approach in the learning process on the theme of “Pahlawanku” in the class 4th Grade of Pondok Kopi 04 Elementary School. This research is descriptive research with take place set in Pondok Kopi 04 Elementary School. The results of this study illustrate that Pondok Kopi 04 Elementary School has implemented measures scientific learning approach by integrating it into thematic learning. Such depictions, obtained through a series of studies that include variable sub consists of planning, implementation, assessment of learning. The method used is descriptive research method with data collection techniques such as observation, interviews, questionnaire, and document analysis. The results showed: (1) the teacher has designed learning by describing step scientific approach to learning (2) teachers implement instructional using a scientific approach with step observe, questioning, experiment, associating and communicate. Among the five steps are still constrained in step students to question (3) assessment used is an authentic assessment that includes assessment of attitudes, knowledge and skills. However, the unavailability of instrument making authentic assessment, the assessment becomes inaccurate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. 2). Retno Widyaningrum, S.Sos., M.M.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:25
Last Modified: 18 Apr 2022 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26869

Actions (login required)

View Item View Item