PENGARUH KEPRIBADIAN (PERSONALITY) TERHADAP PROCEDURAL JUSTICE SISWA

SYERA NURUL MUTIA, . (2017) PENGARUH KEPRIBADIAN (PERSONALITY) TERHADAP PROCEDURAL JUSTICE SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415131012 - SYERA NURUL MUTIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Procedural justice adalah keadilan yang dirasa oleh seseorang berdasarkan proses yang digunakan untuk menentukan distribusi penghargaan. Penerapan procedural justice seperti di sekolah akan menimbulkan efek positif dalam kegiatan pembelajaran, seperti tercapainya tujuan pembelajaran dan terciptanya interaksi positif antara siswa dengan guru ataupun siswa dengan siswa lainnya. Adil atau tidaknya procedural justice yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran disekolah akan memiliki pandangan yang beragam bagi setiap siswa karena pada hakikatnya setiap siswa memiliki kepribadian yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepribadian terhadap procedural justice siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 44 Jakarta pada bulan April tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 54 siswa kelas XI IPA. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan data sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunkan uji t pada α=0,05 dengan hasil yang signifikan. Oleh karena itu, berdasarkan dari perbedaan rata-rata skor procedural justice yang diperoleh dari dua kelompok yang ada serta dengan uji hipotesis dengan hasil yang signifikan, dapat dinyatakan bahwa kepribadian memiliki pengaruh terhadap procedural justice siswa. Procedural justice is the perceived fairness of the process to determine the distribution of rewards. Implementation of procedural justice such as in school will cause positive effects in learning activities, such as the achievement of learning objectives and the creation of positive interaction between students with teachers or students with other students. Fair or not, the procedural justice applied in school learning activities will have diverse views for each student because essentially every student has a diverse personality. This study aims to determine whether the influence of personality to procedural justice students in senior high school. This research was conducted at SMA Negeri 44 Jakarta in April 2017. This research is an ex-post-facto research with quantitative approach. The number of samples is 54 students of class XI IPA. The result of normality and homogeneity test shows the data come from normal and homogenous distribution population. Hypothesis testing using t test at α = 0,05 with significant result. Therefore, based on the difference in mean procedural justice scores obtained from the two existing groups as well as by hypothesis testing with significant results, it can be stated that the personality has an effect on the procedural justice of the students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Putrawan 2) Dr. Diana Vivanti S, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:40
Last Modified: 18 Apr 2022 05:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26885

Actions (login required)

View Item View Item