PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN (Studi Action Research Pada Siswa SMP Marie Joseph Kelapa Gading)

DIAN PRANATA TARIGAN, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN (Studi Action Research Pada Siswa SMP Marie Joseph Kelapa Gading). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis dian.pdf

Download (4MB)

Abstract

Secara umum tujuan penelitian action research ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dribbling bola basket melalui penerapan metode bermain. Penelitian action research ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Marie Joseph Kelapa Gading kelas 7C yang berjumlah 20 orang. Untuk mengukur dan mengetahui hasil belajar dribbling bola basket siswa diberikan tes dribbling. Hasil tes siswa sebelum diberi tindakan (pre-tes) diperoleh hasil yaitu, 6 orang siswa (30%) mencapai standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa 57,90, hasil yang diperoleh tersebut masih belum sesuai dengan yang diharapkan sehingga diberikan tindakan melalui metode bermain. Tes pada siklus I diperoleh hasil, yaitu 15 orang siswa (70%) telah mencapai standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,95. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II dan hasil tes yang dilakukan diperoleh hasil 17 orang siswa (85%) telah mencapai standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan metode bermain dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, (2) Dengan penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa SMP Marie Joseph Kelapa Gading.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hidayat Humaid, M.Pd ; 2). Dr. Sofyan Hanif, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 11:35
Last Modified: 10 Jan 2020 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item