PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn (Studi Eksperimen di SMP Negeri 11 Jakarta)

RAY DEAZ LEONARDO, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn (Studi Eksperimen di SMP Negeri 11 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi RAY DEAZ LEONARDO (4115133766).pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam rangka mengingkatkan motivasi belajar siswa, Guru PPKn di SMPN 11 Jakarta telah menerapkan metode sosiodrama dalam menyampaikan materi PPKn. Setelah diterapkan metode tersebut siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat ketika siswa yang tinggi ketika siswa sedang mementaskan drama di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh metode pembelajaran sosio dramaterhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN 11 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Untuk mendapatkan data minat belajar peneliti menggunakan angket sebanyak 35 butir pertanyaan dengan 4 keterangan pilihan jawaban (Selalu, Sering, Pernah, Tidak Pernah). Skor untuk setiap pilihan jawaban bervariasi dimulai dari 4 untuk Selalu, 3 untuk Sering, 2 untuk Pernah, 1 untuk Tidak Pernah. Uji validitas instrument minat belajar menggunakan rumus Pearson pada taraf signifikansi 0,05 dengan N = 30 diperoleh rtabel sebesar 0,361. Sedangkan reliabilitas instrument minat belajar siswa digunakan rumus KR-11, dari perhitungan diperoleh hasil 0,918 sehingga instrument reliabel. Pada uji coba penelitian diperoleh 30 soal valid dan 5 soal invalid. Pengujian homogenitas data dilakukan denga uji Fisher. Pada perhitungan data Pre Test diperoleh Fhitung 1,33 dan pada perhitungan data Post Test diperoleh Fhitung 1,44 sedangkan Ftabel 1,77 maka dapat disimpulkan data populasi mempunyai varians homogen. Uji persyaratan analisis data dilakukan denga uji normalitas data populasi menggunakan liliefors. Pada kelas eksperimen Pre Test Lhitung = 0,118, lalu pada kelas eksperimen Post Test Lhitung = 0,074, pada kelas kontrol Pre TestLhitung = 0,071, lalu pada kelas kontrol Post Test Lhitung = 0,064 yang semuanya berada dibawah nilai Ltabel yaitu 0,150 berarti kedua kelas dari populasi berdistribusi normal. Pengujian Hipotesis menggunakan rumus uji-t, didapatkan thitung = 8,091 dan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,995 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh antara variable metode pembelajaran sosio drama terhadap motivasi belajar PPKn siswa di SMPN 11 Jakarta. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sosio drama mempengaruhi motivasi belajar PPKn kelas VII C SMPN 11 Jakarta. In order to improve students' learning motivation, the PPKn Teachers at SMPN 11 Jakarta have applied the sociodrama method in delivering PPKn materials. Once applied the method students become more enthusiastic in following the learning activities. This can be seen when students are high when students are staging drama in the classroom. Therefore, this study aims to obtain empirical data on the influence of learning methods of socio-dramater on the motivation of student learning subject of Civic Education at SMPN 11 Jakarta. This research was conducted from April to May 2017. This research was conducted by experimental method of quantitative approach. The sampling technique is simple random sampling. The number of samples in this study were 70 students consisting of 35 students of experimental class and 35 students of control class. To get the data of interest learners use questionnaire as many as 35 items of questions with 4 information choice answers (Always, Often, Never, Never). Scores for each answer selection vary from 4 to Always, 3 for Frequently, 2 for ever, 1 for Never. The validity test of learning interest instrument using Pearson formula at significance level 0,05 with N = 30 obtained rtabel equal to 0,361. While the reliability of student interest learning instrument used the formula KR-11, from the calculation obtained results 0.918 so reliable instrument. In the research trials obtained 30 valid questions and 5 invalid questions. Testing of data homogeneity is done by Fisher test. In the calculation of Pre Test data obtained Fhitung 1.33 and on the calculation of Post Test data obtained Fhitung 1.44 while Ftabel 1.77 then it can be concluded population data has homogeneous variance. Test data analysis requirements performed by normality test population data using liliefors. In the experimental class Pre Test Lcount = 0.118, then in the Post Test class Lcitung = 0.074, the control class is Pre TestLhitung = 0,071, then the control class Post Test Lcount = 0,064 which is all below Ltabel value is 0,150 means the two classes of distributed population normal. Hypothesis testing using t-test formula, obtained tcount = 8,091 and ttable with significance level 0,05 is 1,995 can be concluded H0 rejected and H1 accepted. This shows the influence between the variables of learning methods of socio-drama to the motivation of learning PPKn students in SMPN 11 Jakarta. This study concludes that learning using the socio-drama learning method influences the learning motivation of PPKn in Class VII C SMPN 11 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd. 2) Dwi Afrimety T, SH, MH, t
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:54
Last Modified: 18 Apr 2022 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26897

Actions (login required)

View Item View Item