PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

PALUPI MUTIASIH, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skipsi PDF Full.pdf

Download (37MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter yang dapat meningkatkan budaya literasi di sekolah dasar. Buku cerita bergambar merupakan buku yang memadukan teks dan ilustrasi sehingga menjadi sebuah buku cerita yang dapat meningkatkan minat baca siswa. Buku cerita bergambar dapat menceritakan sebuah cerita yang dikolaborasikan dengan konsep yang menarik dan penuh arti bagi perkembangan anak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Rnd) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dan pengembangan ini memiliki 9 tahapan penelitian yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk, uji lapangan awal, revisi produk, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji pelaksanaan lapangan dan revisi produk akhir. Responden dalam penelitian dan pengembangan melibatkan satu ahli materi, satu ahli bahasa, satu ahli media, 13 siswa SDSN Bendungan Hilir 12 Pagi, 21 Siswa SDS Ar- Rahman Motik. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter ini dinilai sangat baik. Hasil rata-rata menurut ahli sebesar 97,1%, Small Group Evaluation sebesar 96,6%, dan Field Test sebesar 94,33%. Produk buku cerita bergambar ini menarik bagi siswa untuk gemar membaca sebab membaca merupakan kunci meningkatnya budaya literasi sejak usia sekolah dasar. The aim of this research was to produce the picture book based on character building to improve literacy culture in 2nd Grade elementary school. Picture book is a book which elaborates text with illustration to build children interest in reading. Picture book is able to tell stories, elaborate concept or impart information all essential to the learning, growing Child. The method of this research was research and development (RnD) by using Borg and Gall’s Theory. The Data was taken by nine steps, they were: research and data collection, planning, development of draft product, preliminary field trials, revise the result of trials, field test, improvement of field test result, field test implementation, and improvement of the final product. The respondents of this research were an expert material lecture, an expert a linguistic, an expert media lecture, 13th second grade students in SDSN Bendungan Hilir 12 l, 21st second grade students in SDS Ar-Rahman Motik. The results showed the picture book based on character building to improve literacy culture in 2nd grade elementary school is indicated as a very good category. It shows from the average score of 97,1% according to experts, 96,6% by small group evaluation, 94,33% by field test evaluation. This picture book is very good to make children interest to improve literacy culture especially to interest in reading activity because reading is the key to improve literacy culture since elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. 2). Dra. Evita Adnan M.Psi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:58
Last Modified: 18 Apr 2022 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item