PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII-A SMP Negeri 57 Jakarta)

RENI NURJANAH, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas VII-A SMP Negeri 57 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RENI NURJANAH.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik VII-A SMP Negeri 57 Jakarta semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 dari bulan Februari sampai bulan April 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan tiga siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu : Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observating), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus satu sebesar 57% (20 peserta didik) memperoleh nilai hasil belajar diatas KKM 72, siklus dua 77% (27 peserta didik) mencapai nilai diatas KKM 72, dan siklus tiga 91% (32 peserta didik) mencapai nilai diatas KKM 72. Selain itu keberhasilan peningkatan juga terjadi pada penerapan keaktifan bertanya, menjawab, berpendapat, dan memecahkan masalah pada siklus satu peserta didik yang sangat aktif masih 0%, kemudian di siklus dua meningkat menjadi sangat aktif bertanya 17%, menjawab 20%, berpendapat 14%, dan memecahkan masalah 11%, dan pada siklus 3 keaktifan peserta didik sangat meningkat yaitu sangat aktif bertanya sebesar 29%, menjawab 23%, berpendapat 31%, dan memecahkan masalah sebesar 17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar IPS yang lebih baik yaitu diatas standar KKM 72.1 This study aims to determine whether the application of numbered heads together learning model can improve learning outcomes IPS students VII-A SMP Negeri 57 Jakarta second semester of the 2016/2017 Lesson Year from February to April 2017. The method used in this research is Action Research Class (PTK). This study uses three cycles, and each cycle consists of four stages: Planning Action, Action Acting, Observation, and Reflection. Based on the results of the study of the learning results have increased in each cycle, the one cycle of 57% (20 students) obtained the value of learning outcomes above KKM 72, cycle two 77% (27 students) reaches above KKM 72, and the third cycle 91% (32 students) reached the score above KKM 72. In addition, the success of the increase also occurred in the implementation of the activity of asking, answering, arguing, and solving the problem in the cycle of one very active learner is still 0%, then in cycle two increased to be very active ask 17%, answer 20%, 14% opinion, and solve the problem 11%, and in cycle 3 the learner activity is greatly increased that is very active ask 29%, answer 23%, opinion 31%, and solve problem equal to 17%. Thus it can be concluded that the application of numbered heads together (NHT) learning model can improve learning outcomes of IPS learners and can improve the learner activity, so that learners can get better IPS learning outcomes that are above KKM standard 72.1

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si., 2) Sujarwo, M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:14
Last Modified: 18 Apr 2022 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item View Item