PERAN PENGGERAK PEMBINA GENERASI PENERUS (PPG) DPD LDII KOTA BEKASI SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PEMBINAAN KARAKTER (Suatu Studi Model Pembinaan Karakter Melalui Prespektif Kecerdasan Ibnu Khaldun)

EVA WIDAYANTI, . (2015) PERAN PENGGERAK PEMBINA GENERASI PENERUS (PPG) DPD LDII KOTA BEKASI SEBAGAI AGEN SOSIALISASI PEMBINAAN KARAKTER (Suatu Studi Model Pembinaan Karakter Melalui Prespektif Kecerdasan Ibnu Khaldun). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak For Sidang.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN EVA WIDAYANTI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Lampiran & Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Generasi penerus adalah sebutan bagi generasi muda dalam ruang lingkup PPG (Peran Penggerak Pembina Generasi Penerus) DPD (Dewan Perwakilan Daerah) LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) kota Bekasi. Penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai proses sosialisasi pembinaan karakter yang dilaksanakan oleh PPG DPD LDII kota Bekasi terhadap generasi penerus. PPG berperan sebagai agen sosialisasi pembinaan, konseptor program, pengawas program sekaligus mengevaluasi program pembinaan. Target dari sosialisasi pembinaan karakter PPG adalah Alim dan Faqih (Berilmu dan memahami ilmu agama), akhlakul karimah (budi perkerti yang baik), dan mandiri. Proses sosialisasi pembinaan karakter oleh PPG mengalami dinamika berupa kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 1 narasumber kunci merupakan pengurus PPG DPD LDII kota Bekasi, 1 orang pengurus remaja di DPD LDII kota Bekasi, 1 Mubaligh dan 2 Mubalighot, dan 3 generasi penerus. Penelitian ini menggunakan konsep kecerdasan Ibnu Khaldun yang menjadi manifestasi pendidikan karakter sebagai latar belakang teoritis dalam melihat fenomena sosialisasi pembinaan karakter yang dikaji oleh peneliti. Peneliti melihat terdapat kesesuaian diantara konsep kecerdasan Ibnu Khaldun dengan konsep karakter PPG yang disebut tri sukses. Dalam kacamata Ibnu Khaldun, terdapat lima aspek kecerdasan yakni kecerdasan spiritual (ruuhiyah) dam kogntif (fikriyyah ma‟rifiyyah) memiliki kesesuaian dengan konsep alim dan faqih, kecerdasan afektif (khuluqiyah) dan sosial kemasyarakatan (ijtima‟iyah) memiliki kesesuaian dengan akhlakul karimah. Kecerdasan psikomotorik (jihadiyah) memiliki kesesuaian dengan konsep kemandirian. Penelitian ini dimulai pada bulan Oktober 2012 hingga 2015.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ubedillah Badrun, M.Si. ; 2). Dewi Sartika, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:47
Last Modified: 21 Apr 2022 02:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26912

Actions (login required)

View Item View Item