PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN

TAMARA PRIMADONA, . (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (222kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (356kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
48. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
49. BIODATA PENULIS.pdf

Download (225kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran two stay two stray. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 89 Jakarta pada kelas VII semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multistage sampling. Langkah pertama dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pemilihan sekolah dari 6 SMP Negeri di Kecamatan Grogol Petamburan yang berakreditasi A. Selanjutnya, menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih satu dari dua guru yang mengajar matematika di kelas VII. Langkah terakhir dengan menggunakan cluster random sampling untuk menentukan kelas yang akan menjadi sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen I (model pembelajaranproblem based learning) dan kelas eksperimen II (model pembelajaran two stay two stray). Kedua kelas eksperimen yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi segiempat dan segitiga. Tes tersebut berbentuk soal uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kedua kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan varians sama pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai thitung = 2,185188, sedangkan nilai ttabel = 1,66724, maka thitung > ttabel dan H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Grogol Petamburan pada materi segiempat dan segitiga antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran two stay two stray. Selanjutnya, berdasarkan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Grogol Petamburan pada materi segiempat dan segitiga yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran two stay two stray. This study aims to obtain information whether there is a significant difference between the problem solving ability of mathematical students learning with PBL learning model and learning model two stay two stray. The study was conducted at SMPN 89 Jakarta in Grade VII even semester of academic year 2016/2017 on the subject of quadrilateral and triangle. This study was conducted during May 2017. The method used in this research is quasi experimental method (quasi experiment). Sampling is done by multistage sampling technique. The first step is by using simple random sampling technique, that is, the selection of schools from 6 Junior High School in Grogol Petamburan Sub-district which is accredited A. Next, using purposive sampling technique, that is choosing one of two teachers who teach mathematics in class VII. The final step by using cluster random sampling to determine the class that will be the research sample, that is experimental class I (learning model of learning based learning) and experiment class II (two stay two stray learning model). The two selected experimental classes are from normally distributed, homogeneous, and average populations. The research instrument used is the test of mathematical problem solving ability on rectangular and triangular material. The test is in the form of a description of 5 questions that have been tested for validity and reliability first. Based on the calculation of the research data, the two experimental classes are from normally distributed populations and have the same or homogeneous variance. Hypothesis testing is done by using t-test statistic with equal variance at significance level α = 0,05. Based on the calculation, the tvalue = 2.185188, while the table = 1.66724, then tvalue > ttable and H0 rejected. Because of reject H0, it can be concluded that there are differences in the ability of problem solving mathematical problems of junior high school students in Grogol Petamburan subdistrict on quadrilateral and triangle material between students learning with problem based learning model and students learning with two stay two stray learning model. Furthermore, based on the average of mathematical problem solving test results of junior high school students in Grogol Petamburan subdistrict on quadrilateral and triangle material that study with problem-based learning model is higher than students learning with two stay two stray learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ir. Fariani Hermin, MT 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:15
Last Modified: 18 Apr 2022 06:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26914

Actions (login required)

View Item View Item